Bawaslu RI Adakan Pelatihan SKPP di Pringsewu

0
106

PRINGSEWU – WARTAALAM.COM – Sekitar 90 peserta dari tiga kabupaten di Lampung mengikuti pelatihan Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) tingkat dasar yang diselenggarakan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia di Pringsewu.

Mereka berasal dari Kabupaten Pringsewu (33 orang), Kabupaten Pesisir Barat (25 orang) dan Kabupaten Tanggamus (32 orang).

Kegiatan selama tiga hari yang dibuka Wakil Bupati Pringsewu Fauzi di Hotel Regency, Gadingrejo, Pringsewu, Selasa (14/9/21) malam, dihadiri Koordinator Divisi Hukum Bawaslu RI Fritz Edward Siregar, Ketua Bawaslu Provinsi Lampung Fatikhatul Khoiryah, Sekretaris Bawaslu Provinsi Lampung Widodo, Wuryanto, dan Ketua Bawaslu Kabupaten Pringsewu M.Fathul Arifin.

Wakil Bupati Pringsewu Fauzi menyampaikan apresiasi atas diselenggarakannya pelatihan SKPP Bawaslu RI.

Melalui kegiatan itu, diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu maupun pilkada. Terlebih, rangkaian persiapan Pemilu 2024 juga akan dimulai.

Kegiatan SKPP juga selaras dengan Undang Undang No: 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

SKPP ini merupakan tahapan awal pelatihan sebagai Kader Pengawas Partisipatif yang akan dilanjutkan dengan pelatihan tingkat lanjutan, yang tujuan meningkatkan kualitas demokrasi yang ditentukan tingkat partisipasi masyarakat, katanya.

Partisipasi, kata dia, tidak sekadar hadir ketika pelaksanaan pemungutan suara, tetapi mengawal jalannya pelaksanaan pemilu tersebut agar berlangsung jujur dan adil, sehingga menghasilkan pemimpin yang amanah demi kemajuan bangsa dan negara.

Wakil Bupati Pringsewu mengingatkan kepada seluruh peserta SKPP senantiasa mematuhi protokol kesehatan selama kegiatan tersebut berlangsung dalam suasana pandemi Covid-19. (ade)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini