Bupati Pringsewu Lakukan Pengisian Bendungan Way Sekampung

0
81

PRINGSEWU – WARTAALAM.COM – Bupati Pringsewu Sujadi melakukan pengisian awal (impounding) Bendungan Way Sekampung di Pekon Bumiratu, Kecamatan Pagelaran, Jumat (20/8/2021).

Impounding ditandai penandatanganan prasasti dan penekanan tombol sirene dilakukan bupati Pringsewu didampingi Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Mesuji Sekampung Alexander Lida, Vice President Infrastructure I Division PT.Waskita Karya Lasino dan Manajer Operasional II PT.Adhi Karya Ahmad Syamsu Bagiono.

Bupati Pringsewu Sujadi mengucapkan terima kasih kepada Presiden RI ketujuh Joko Widodo yang telah merespons usulan pembangunan Bendungan Way Sekampung, sehingga terwujud sebuah bendungan yang megah, termasuk jembatan penghubung Kecamatan Pagelaran dan Kecamatan Pagelaran Utara yang saat ini menjadi jembatan terpanjang di Lampung.

“Terima kasih dan apresiasi juga disampaikan kepada para kepala pekon di wilayah Kecamatan Banyumas, Pagelaran, dan Kecamatan Pagelaran Utara beserta masyarakat, yang berkaitan langsung dalam penyediaan lahan bendungan. Kami berharap dan berdoa keberadaan bendungan ini menjadi sumber kesejahteraan bagi masyarakat,” katanya.

Kepala BBWS Mesuji Sekampung Alexander Lida pada kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada bupati Pringsewu atas dukungannya selama ini sehingga proses pembangunan Bendungan Way Sekampung berjalan lancar.

Menurut Alex, pembangunan Bendungan Way Sekampung merupakan bagian dari pengembangan dalam rangka penyediaan air baku, baik untuk irigasi maupun air minum untuk sejumlah daerah di Provinsi Lampung.

Keberadaan Bendungan Way Sekampung di Pringsewu memberi dampak yang signifikan dalam penyediaan air baku, baik untuk irigasi maupun minum, ujarnya.

Sementara itu, Vice President Infrastructure I Division PT.Waskita Karya Lasino mengatakan, keberhasilan pembangunan Bendungan Way Sekampung merupakan kolaborasi yang baik antara semua pihak yang terlibat.

Selain itu, pembangunannya hampir semua menggunakan material dari lokasi di sekitar bendungan. Hal ini menunjukkan daerah tersebut kaya akan material alam.

Lasino mengatakan, kegiatan pengisian awal atau penggenangan ini merupakan bagian dari proses pembangunan Bendungan Way Sekampung, yang menjadi tanda pembangunan bendungan hampir selesai.

Saat ini progres pembangunannya mencapai 98â„…. Sedangkan 2% sisanya akan dilakukan setelah proses impounding, katanya.

Ia juga mengapresiasi warga setempat yang antusias atas pembangunan bendungan tersebut.

Nantinya Bendungan Way Sekampung ini dapat menjadi destinasi wisata unggulan di Kabupaten Pringsewu, yang bukan saja dikunjungi warga Pringsewu tapi juga wisatawan dari luar daerah, ujarnya. (ade)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini