Pringsewu Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak 2021

0
164

PRINGSEWU – WARTAALAM.COM – Pringsewu kembali memperoleh penghargaan Kabupaten Layak Anak untuk kategori pratama. Penghargaan tersebut diumumkan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia pada Penganugerahan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) 2021 secara virtual, Kamis (29/7/2021).

Bupati Pringsewu Sujadi didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu Heri Iswahyudi, Staf Ahli Bupati Pringsewu Bidang Kemasyarakatan dan SDM sekaligus Plt Kadis P3AP2KB Pringsewu Malian Ayub, Kepala Bappeda A.Fadoli, serta Fasilitator Sekolah Ramah Anak Kabupaten Pringsewu Ashari mengikuti acara tersebut melalui video conference dari kediaman Bupati Pringsewu, di Pekon Gemahripah, Kecamatan Pagelaran, Pringsewu, Lampung.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengatakan Kabupaten Kota Layak Anak (KLA) merupakan sistem pembangunan berbasis anak yang dilakukan melalui integrasi sumber daya pemerintah, masyarakat, media, dan dunia usaha yang secara menyeluruh dalam program kebijakan untuk menjamin hak anak.

Kabupaten/
Kota Layak Anak diberikan kepada seluruh kabupaten dan kota yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh serta berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak, katanya.

Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak, kata dia, diberikan dalam lima kategori pratama, madya, nindya, utama, hingga kabupaten/kota layak anak.

Menteri PPPA juga mengungkapkan telah terjadi peningkatan penerima penghargaan KLA ini dibandingkan tahun sebelumnya, dari 249 tahun 2019 menjadi 275 kabupaten/kota pada 2021.

Ia berharap penghargaan ini tidak hanya dilihat sebagai tujuan akhir, tetapi menjadi penyemangat bagi daerah untuk melindungi anak di daerah masing-masing.

“Untuk mencapai kabupaten/kota layak anak bukan hal mudah karena dibutuhkan komitmen serta perjuangan panjang. Ini juga merupakan hasil dari menguatnya peran serta seluruh pihak. Kami berharap dengan penghargaan kabupaten/kota layak anak dapat lebih mendorong pemerintah daerah beserta para pemangku kepentingan, dalam melakukan pemenuhan hak-hak anak guna mewujudkan Indonesia Layak Anak 2030 dan Indonesia Emas 2045,” ujarnya.

Bupati Pringsewu, Sujadi seusai meraih penghargaan tersebut mengaku bersyukur mendapatkan penghargaan Kabupaten Layak Anak untuk kategori pratama kali kedua.

Diraihnya penghargaan Kabupaten Layak Anak ini, kata dia, tujuannya sebagai bentuk penghargaan kepada anak-anak dalam mendapatkan hak-haknya, sehingga anak-anak akan menjadi kader bangsa yang membangun Indonesia.

“Kami berharap kedepan Pringsewu naik kelas, dari kategori pratama menjadi nindya, kemudian madya hingga utama,” katanya. (ade)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini