27.4 C
Bandar Lampung
Minggu, September 25, 2022
spot_img
BerandaDaerahPermintaan Hewan Kurban di Kota Bandar Lampung Turun

Permintaan Hewan Kurban di Kota Bandar Lampung Turun

 59 dilihat

BANDAR LAMPUNG – WARTAALAM.COM – Permintaan hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung menurun di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Tahun ini agak berkurang permintaan hewan kurban menjelang Idul Adha,dibandingkan tahun sebelum adanya pandemi Covid-19, ujar seorang pedagang hewan kurban musiman, Asep Jauli, di Bandar Lampung, Jumat (16/7/2021).

Ia mengatakan penurunan permintaan akan hewan kurban di tengah pandemi Covid-19 dan pelaksanaan PPKM Darurat, berkisar hampir 40 hingga 50 persen.

“Turun hampir separuh, sebab beberapa tahun lalu stok kami berkisar 120 ekor lebih habis, namun tahun ini kami stok hanya 70 ekor,” ujarnya.

Dia mengatakan penurunan tersebut terjadi akibat adanya kenaikan harga hewan kurban dari peternak.

“Kami ambil kambing ini dari petani dan peternak di desa, dan memang rata-rata ada kenaikan harga dari mereka sekitar Rp400.000 per ekor,” katanya.

Menurutnya, harga normal kambing di tingkat peternak berkisar Rp2,5 juta per ekor, saat ini naik menjadi Rp2,9 juta per ekor.

“Mungkin karena sedang tidak baik juga ekonomi, jadi kami pun tidak berani menambah stok kambing bila belum habis,” ujarnya.

Hal senada juga dikatakan pedagang hewan kurban musiman lainnya, Ujang.

Harganya untuk yang ukuran agak kecil Rp3 juta, kambing ukuran sedang Rp4,5 juta, dan dengan ukuran besar berkisar Rp4,7 juta per ekor, kata Ujang.

Ia mengatakan adanya situasi pandemi COVID-19 yang belum usai dan pelaksanaan PPKM Darurat, belum terlalu banyak pembeli hewan kurban yang membeli kambing di lapak miliknya.

“Belum banyak, hari ini terjual 10 ekor buka sejak kemarin, stok sekira 65 ekor, tidak berani banyak, takut tidak terjual, sekarang kami bisa beli sulit menjualnya,” ujarnya.

Dia mengatakan, diprediksi meski mengalami penurunan permintaan hewan kurban, masyarakat akan mulai berdatangan untuk membeli hewan kurban pada H-3 Idul Adha.

Tidak banyak seperti tahun sebelumnya, namun diperkirakan pembeli akan ramai tiga hari sebelum Idul Adha. Semoga saja stok hewan kurban bisa terjual semua, katanya.

Sebelumnya, adanya penurunan penjualan hewan kurban telah diprediksi Kementerian Pertanian yang memperkirakan terjadi penurunan penjualan hewan kurban pada Idul Adha 2021 sekira10 persen, sementara asosiasi peternak dan pedagang hewan kurban memprediksi penurunannya bisa mencapai 60 persen. (amar)

Berita Terkait

Dinas Kominfo Lamsel Gelar Perpisahan Sekretaris dan Dua PNS

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo)...

Sekda Lamsel Hadiri Roadsow Bus KPK di Kota Bandarlampung

BANDAR LAMPUNG, WARTAALAM.COM - Sekertaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan...

Kesbangpol Pringsewu Gelar Road Show Kebangsaan

PRINGSEWU, WARTAALAM.COM - Badan Kesatuan Bangsa dan politik Kabupaten...

PUPR Pringsewu Launching dan Sosialisasikan Simanis Riang

PRINGSEWU, WARTAALAM.COM - Guna mempermudah pelayanan kepada masyarakat dalam...
spot_img
Semua Negara
620,000,208
Total kasus terkonfirmasi Kasus Covid
Updated on September 25, 2022 2:41 am

Langganan Berita

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini