Wabup Pringsewu Ajak Penyintas Covid-19 Donor Plasma Konvalesen

0
94

PRINGSEWU – WARTAALAM.COM – Wakil Bupati Pringsewu, Lampung Fauzi mengajak warga yang pernah terpapar (penyintas) Covid-19 menjadi pendonor plasma kanvalasen.

Selain masyarakat umum, ajakan tersebut juga ditujukan kepada Aparatur Sipil Negara, anggota Kepolisian dan prajurit TNI yang telah sembuh dari Covid-19.

Dia mengatakan, plasma konvalesen adalah plasma darah yang diambil dari pasien Covid-19 yang telah sembuh dan kemudian diproses diberikan kepada pasien yang sedang dalam masa pemulihan setelah terinfeksi virus tersebut.

Jadi, donor darah plasma konvalesen adalah donor darah dari penyintas Covid-19 untuk membantu pasien lain yang belum sembuh dari Covid-19, katanya, Senin (12/7/2021).

Menurutnya, melalui donor plasma konvalesen dari penyintas Covid-19, mereka yang pernah terpapar virus tersebut dan telah dinyatakan sembuh, diharapkan sudah membentuk antibodi, sehingga plasma penyintas Covid-19 dapat diberikan kepada orang lain yang sedang menghadapi infeksi Covid-19 guna membantu melawan infeksi yang sedang berlangsung.

Dengan demikian, plasma konvalesen akan membuat anti bodi pada tubuh pasien yang masih sakit dapat segera pulih atau sembuh dari Covid -19, ujarnya.

Terkait donor darah plasma konvalesen tersebut, Fauzi, ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pringsewu mengatakan, pihaknya akan mengadakan webinar bertema Donor Plasma Konvalesen di Tengah Pandemi Covid-19.

Webinar yang akan digelar Jumat, 16 Juli 2021 mendatang pada pukul 09:00-11:30 WIB menghadirkan sejumlah narasumber di antaranya Dr. Aditya, M.Biomed, Duta Donor Darah Hardyanto L.Silalahi dengan Keynote Speaker yakni Ketua PMI Provinsi Lampung Rianasari Djunaidi, serta dirinya yang akan membuka kegiatan tersebut. (ade)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini