Perpustakaan dan Arsip Pringsewu Gelar Lomba Bercerita

0
142

PRINGSEWU – WARTAALAM.COM – Asisten III, Bagian Administrasi Umum dan Plt. Kadis Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Pringsewu Hasan Basri, membuka Lomba Bercerita.

Menurut Hasab Basri, atas nama Pemerintah kabupaten Pringsewu pihaknya menyambut baik dan mengapresiasi diadakannya Lomba Bercerita bagi siswa SD/MI se-kabupaten tahun 2021, yang dilaksanakan di Gedung UMRI Muhamadiyah Pringsewu, Senin (24/5/2021).

Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Pringsewu itu sebagai upaya pemerintah kabupaten dalam bentuk mencetak dan membangun generasi muda Indonesia yang gemar membaca serta menumbuhkembangkan karakter anak bangsa melalui kecintaan terhadap budaya lokal, yaitu bercerita sesuai dengan tema lomba bercerita tahun 2021, ujarnya.

“Seperti yang kita ketahui bersama peran perpustakaan merupakan wahana dan tempat belajar sepanjang hayat dan pengembangan potensi masyarakat dengan menumbuhkembangkan budi budaya gemar membaca dan gemar belajar dalam rangka meningkatkan kecerdasan kehidupan bangsa serta memajukan kebudayaan nasional dan juga melestarikan kekayaan budaya bangsa,” katanya.

Selain itu perpustakaan juga berfungsi sebagai wahana pendidikan penelitian pelestarian informasi dan rekreasi guna meningkatkan kecerdasan dan keberdayaan masyarakat, itu perlu upaya-upaya pengembangan dan pendayagunaan perpustakaan sebagai sumber informasi dan edukasi bagi masyarakat khususnya di Bumi Jejama Secancanan Kabupaten Pringsewu, kata dia.

Dalam menjalankan fungsi dan perannya perpustakaan Kabupaten Pringsewu berpedoman pada acuan Undang Undang Nomor 43 tahun 2007 pasal 8 tentang Perpustakaan mengantarkan kepada pemerintah kabupaten
/ kota yang berkewajiban menjamin penyelenggara serta mengembangkan perpustakaan umum daerah berdasarkan gagasan daerah melalui pusat-pusat teliti dan rujukan, katanya.

“Untuk itu pemerintah melakukan tugas berapa jenis Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Pringsewu untuk selalu berupaya menumbuhkembangkan kecintaan pelajar gemar dan mencintai budaya Gemar Membaca guna meningkatkan potensi sumber daya manusia sehingga ke depan menjadi generasi yang cerdas dan hebat untuk membangun kabupaten yang kita cintai, yang merupakan unsur penting dalam pendidikan, baik formal maupun nonformal yang harus tetap dijaga dan ditingkatkan esensi-esensi melalui berbagai upaya pembinaan dan pengembangannya. Untuk itulah kegiatan bercerita ini digelar dengan tujuan memotivasi dan menumbuh kembangkan budaya gemar membaca dan menggali potensi serta membumikan nilai-nilai kearifan lokal akan budaya Nusantara,” ujarnya.

Kegiatan yang dihadiri perwakilan kadis terkait serta kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu, Bunda Literasi Kabupaten Pringsewu, Hj. Nurohmah Sujadi, camat Pringsewu, serta Sekertaris Dinas Perpustakaan dan Arsip Pringsewu Mei Suhartanti, Kepala Bidang terkait pada dinas itu, Hasan Fauzi, Kasi setempat, Victoria Prima Rizky, serta para pegawai dinas tersebut. (ade)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini