22.5 C
Bandar Lampung
Rabu, Februari 1, 2023
spot_img
BerandaDaerahLampungLagi, Disdukcapil Pringsewu dan UAP Sosialisasi Aplikasi “GETUK SEWU”

Lagi, Disdukcapil Pringsewu dan UAP Sosialisasi Aplikasi “GETUK SEWU”

 68 dilihat

PRINGSEWU – WARTAALAM.COM – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pringsewu, Lampung, kembali berkolaborasi dengan Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu menggelar Sosialiasasi dan Bimbingan Teknis aplikasi “GETUK SEWU”, di Balai Pekon Gadingrejo Timur, Kecamatan Gadingrejo, Kamis (6/5/2021).

Sosialisasi dan Bimbingan Teknis kali ini merupakan kali kedua yang sebelumnya di Pekon Podomoro, Rabu (5/5/2021).

Sosialiasasi dan Bimbingan Teknis kedua dihadiri Kepala Dinas Dukcapil Pringsewu Nazri, Kabid PIAK Suyatno, Dekan Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu Zulkifli,, Kaprodi Teknik Informatika Fakultas Teknlogi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu Nur Aminudin, Kaprodi Rekayasa Perangkat Lunak Agustinus Eko, Kepala LPPM Fakultas Teknologi dan Informatika Tahta Herdian Andika, Dosen Teknik Elektornika Ancolo, beberapa mahasiswa Prodi Teknik Informatika (Ahmad Ahlun Nazar, Ken Putri Surani, Azka Elhanif, Dinda Ramadhanti), Kepala Pekon Gadingrejo Timur Ambar Andayono, Operator Pekon dan beberapa perangkat pekon.

Sosialiasasi dan Bimbingan Teknis aplikasi “GETUK SEWU” dibuka Kepala Dinas Dukcapil Nazri.

Nazri mengatakan, kegiatan itu merupakan hal yang positif buat semua, insan-insan yang menjunjung tinggi nilai kejujuran.

“Alhamdulillah saya bisa hadir, dan kehadiran saya ini merupakan silaturrahmi, bermuatan positif bagaimana meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Dia mengatakan pelayanan selalu bergerak, sesuai keinginan dan kultur masyarakat, kondisi sekarang merupakan kondisi perkembangan digitalisasi dan harus mengikuti itu.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pringsewu sudah banyak berinovasi, dengan adanya inovasi-inovasi yang ada berharap masyarakat cukup dimudahkan mencetak sendiri kecuali KTP dan KIA.

Menurutnya, ada dua model yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pringsewu manual data masyarakat yang datang langsung dan online.

“Kenapa dilakukan dua model tersebut karena kalua dilihat dari sisi kemampuan, masyarakat kita belum tentu semua mampu menggunakan perkembangan/regulasi yang sudah ada, dari segi kepemilikan, dari masyarakat kita belum tentu memiliki HP semua, dari segi jangkauan wilayah yang berada di Kabupaten Pringsewu belum semaunya terjangkau sinyal,” katanya.

Pelayanan Dukcapil Pringsewu memberikan pelayanan yang membahagiakan masyarakat, ujarnya.

Dia berharap pekon (desa) memberikan nilai pelayanan publik
yang baik kepada masyarakat, secara otomatis masyarakat akan menilai kepemimpinan kepala pekon tersebut, kalua baik ya baik, kalua buruk masyarakat akan menilai buruk.

Aplikasi Gerakan Tertib Urusan Kependudukan di Pringsewu (GETUK SEWU) tentunya dilakukan dengan maksud meningkatknya efektivitas kerja pelayanan, meningkatnya efisiensi dalam pemanfaatan sarana dan prasarana, meningkatnya kepuasan dan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja pelayanan pemerintah daerah Kabupaten Pringsewu, katanya.

Sosialisasi dan Bimbingan Teknis dimulai pukul 09.30 WIB dipandu Zulkifli, ketua Tim Inovasi Universitas Aisyah Pringsewu, Kaprodi Teknik Informatika Nur Aminudin, Kepala LPPM Fakultas Teknologi dan Informatika Tahta Herdian Andika, Agustinus Eko S.

Sosialisasi dan Bimbingan Teknis dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan tentang aplikasi tersebut.

Pada kesempatan tersebut selain melakukan sosialisasi, operator pekon juga langsung melakukan ujicoba aplikasi Gerakan Tertib Urusan Kependudukan di Pringsewu pada Pekon Gadingrejo Timur, terlihat seperti apa proses aplikasi tersebut.

Aplikasi Gerakan Tertib Urusan Kependudukan di Pringsewu merupakan sebuah inovasi yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pringsewu berkolaborasi dengan Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu sebagai bentuk kemudahan dan kecepatan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam hal kegiatan pelayanan adminduk berbasis pekon/desa. (ade)

spot_imgspot_img

Berita Terkait

Ketua KKKS Kecamatan Sukoharjo Tutup Lomba O2SN

PRINGSEWU, WARTAALAM.COM - Usai sudah Olimpiade Olahraga Siswa Nasional...

Polda Lampung: Pasca Pembakaran, Situasi di PT AKG Bahuga Kondusif

BANDAR LAMPUNG, WARTAALAM.COM - Kepolisian Daerah (Polda) Lampung memastikan...

Musrenbang RKPD Tingkat Kecamatan Lamsel Tahun 2023 Dimulai, Kalianda Menjadi yang Pertama

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat...

Gubernur Lampung Ajak Parpol Jaga Situasi Tetap Damai

BANDAR LAMPUNG, WARTAALAM.COM - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengajak...
spot_img
Semua Negara
675,144,399
Total kasus terkonfirmasi Kasus Covid
Updated on February 1, 2023 12:37 am

Langganan Berita

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini