22.5 C
Bandar Lampung
Jumat, Oktober 7, 2022
spot_img
BerandaDaerahBupati Pringsewu Terima Audiensi Dewan Koperasi Indonesia

Bupati Pringsewu Terima Audiensi Dewan Koperasi Indonesia

 11 dilihat

PRINGSEWU – WARTAALAM.COM – Bupati Pringsewu, Lampung, Sujadi menerima kunjungan audiensi Dewan Koperasi Indonesia Daerah Kabupaten Pringsewu yang diketuai Mahdalena, S H., di Ruang Kerja Bupati setempat, Selasa (27/4/21).

Mendampingi Bupati Pringsewu, diantaranya Asisten Perekonomian dan Pembangunan Masykur Hasan, Kadis Koperindag Bambang Suhermanu, beserta pejabat terkait lainnya.

Untuk diketahui, sesuai dengan UU No: 25 tahun 1992 tentang Perkoperasian Bab XI Pasal 57 ayat (1), koperasi secara bersama-sama mendirikan satu organisasi tunggal yang bernama Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) dan berfungsi sebagai wadah untuk memperjuangkan kepentingan dan bertindak sebagai pembawa aspirasi koperasi.

Sebagai lembaga gerakan koperasi yang otonom, Dekopin bertugas memperjuangkan cita-cita gerakan koperasi Indonesia, menyalurkan aspirasi anggota, menjadi wakil gerakan koperasi di dalam dan di luar negeri, serta berperan sebagai mitra pemerintah dalam pembangunan koperasi.

Sedangkan untuk menjalankan peran dan fungsinya di seluruh wilayah Indonesia, di tingkat provinsi dibentuk Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil), sedangkan di tingkat kabupaten/kota dibentuk Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda), sebagaimana Dekopinda Kabupaten Pringsewu.

Baik Dekopinwil maupun Dekopinda, merupakan bagian integral dari Dekopin atau Dewan Koperasi Indonesia.

Ketua Dekopinda Pringsewu Mahdalena, untuk meningkatkan perekonomian di kabupaten tersebut, bersama dinas terkait, pihaknya akan menghidupkan kembali koperasi yang mati suri.

“Kami melihat Pringsewu memiliki potensi cukup banyak, baik dari sektor perikanan, peternakan maupun lainnya dan itu sangat mungkinkan untuk digerakkan dan dikelola secara bersama-sama,” katanya.

Dia mengatakan, Dekopinda merupakan mitra dinas terkait dalam pembinaan koperasi termasuk memberukan masukan dari segi hukum.

Bupati Pringsewu sependapat dan menyetujui program kerja Dekopinda tersebut mengingat di daerah banyak koperasi yang mati suri.

“Silahkan berkoordinasi dengan dinas terkait. Dan melihat personal Dekopinda yang ada tampaknya program tersebut dapat terwujud,” katanya. (ade)

Berita Terkait

Banjir, 4.672 pelajar di Aceh Utara Diliburkan

BANDAR ACEH, WARTAALAM.COM - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten...

Lampung Jaga Kesehatan Koperasi

BANDAR LAMPUNG, WARTAALAM.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung meningkatkan...

PSSI Sebut FIFA tak Bahas Sanksi Indonesia Akibat Tragedi Kanjuruhan

JAKARTA, WARTAALAM.COM - Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto...

Karateka Lampung Gondol Dua Emas di Kejurnas FORKI di Padang

BANDAR LAMPUNG, WARTAALAM.COM - Dua karateka Provinsi Lampung menggondol...
spot_img
Semua Negara
625,792,449
Total kasus terkonfirmasi Kasus Covid
Updated on October 7, 2022 4:00 pm

Langganan Berita

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini