Pemkab Pringsewu Gelar Musrenbang RKPD 2022

0
109

PRINGSEWU – WARTAALAM.COM – Pemkab Pringsewu, Lampung menggelar Musrawarah Perencanaan Pembagunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2022, di aula utama pemkab setempat secara virtual. Rabu (10/3/2021)

Bupati Pringsewu Sujadi, Sekdakab Heri Iswahyudi, Asisten Pem dan Kesra Malian Ayub, asisten Adm Umum, Forkopimda, dan Kepala Bappeda Ahmad Fadoli hadiri dan membuka kegiatan secara virtual.

Hadir hadir juga Dir. Kesehatan dan Gizi Masyarakat Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan Bappenas Pungkas Bajuri Ali, Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Pengendalian Kependudukan dan Pemukiman Suharti, Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Provinsi Lampung Syaiful Darmawan, para kepala OPD, camat, ketua MUI, kepala BPS, Dir RS Mitra Husada, forum anak serta lainnya.

Menurut Sujadi Musrenbang RKPD Pringsewu tahun 2022 merupakan amanat peraturan perundang-undangan kerena itu dalam situasi pandemi Covid-19 harus tetap dilaksanakan meski harus secara virtual.

Namun, kata dia, tidak mengurangi substansi tujuan kegiatan, untuk singkronisasi dan sinergisitas, prioritas, dan sasaran pembangunan Provinsi Lampung serta pemerintah pusat.

Pemkab Pringsewu selalu konsisten untuk kesejahteraan masyarakat dalam melaksanakan program dan kegiatan pembangunan hal ini dapat dilihat dari capaian indeks pembangunan manusia yang tahun 2020 telah mencapai 70,30 atau tertinggi untuk kabupaten se-Provinsi Lampung (di luar Kota Bandar Lampung dan Kota Metro), kata dia.

“Tahun 2022 merupakan terakhir pelaksanaan RPJMD Kabupaten Pringsewu (tahun 2017-2022) karena itu dalam penentuan program dan kegiatan pembangunan harus konsisten untuk menuntaskan target-target RPJMD yang belum maksimal, selain itu juga harus memberi dukungan yang maksimal terhadap program-program prioritas gubernur Lampung dan presiden RI, sinergitas ini saya minta kepada Bappeda untuk dioptimalkan sehingga tercipta harmonisasi dalam pembangunan di Pringsewu,” ujarnya.

“Saat pandemi Covid-19 yang sedang mewabah ini saya juga mengajak seluruh warga Pringsewu tetap mematuhi protokol kesehatan, kita harus terus berupaya supaya Pringsewu masuk dalam zona hijau khususnya terhadap prioritas nasional dalam pelaksanaan pemberian vaksinasi Covid-19,” katanya.

Dia mengakui, Pemerintah Kabupaten Pringsewu juga turut mensukseskan vaksinasi dengan mengalokasikan anggaran yang mencukupi dan menyiapkan SDM secara maksimal.

Kepala Bappeda Pringsewu Akhmad Fadholi mengatakan, Pemerintah Kabupaten Pringsewu telah menetapkan tema pembangunan tahun 2022 “Optimalisasi Pertumbuhan yang Berkualitas dan Daya Saing Daerah Melalui Peningkatan Insfratuktur dan SDM yang bmVerkarakter”.

Melalui tema tersebut terdapat lima program prioritas atau fokus kegiatan, oeningkatan ketahanan perekonomian daerah, percepatan pembangunan unsfrastuktur strategis, peningkatan SDM yang unggul, peningkatan ketahanan bencana dan kualitas lingkungan hidup, dan peningkatan tata kelola pemerintahan dan kehidupan yang harmonis

Hasil penyusunan RPJMD, kata dia, akan dibawa untuk disinergikan ke Provinsi Lampung dan pihak-pihak terkait.

“Harapan kami, semoga bisa direalisasikan pemerintah pusat,” ujarnya.

Di akhir acara dilaksanakab penandatanganan kesepakatan antara Pemkab Pringsewu yang diwakilkan setdakab, kepala Bappeda, ketua MUI, Dirt.RS.Mitra Husada, perwakilan Forum Anak pringsewu.

Dan pemberian penghargaan kepada kecamatan atas penyelenggaraan Musrenbang tingkat kecamatan yang diraih
Kecamatan Pringsewu, Kecamatan Pardasuka, Kecamatan Gadingrejo yang diberikan bupati Pringsewu melalui zoom meeting/ secara virtual. (ade)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini