Bupati Lamsel Tabur 150 Jenis Tanaman Toga

0
133

LAMPUNG SELATAN – WARTAALAM.COM – Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang Ermanto menanam 150 jenis tanaman obat keluarga (Toga) di Kebun Edukasi, di areal rumah dinas bupati setempat, Rabu (27/1/2021).

Hal itu sebagai upaya memaksimalkan kebun edukasi dengan luas kurang lebih 2,5 hektare yang diproyeksi menjadi destinasi wisata sekaligus sarana edukasi bagi masyarakat luas.

Hadir juga dalam kegiatan itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan, Winarni, Ketua DWP Lampung Selatan Yani Thamrin, beserta sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Lampung Selatan.

Nanang mengatakan, penanaman tanaman Toga memberi contoh pemanfaatan lahan kosong penting sebagai ketahanan pangan dan kepentingan rumah tangga.

Karena itu dirinya mengajak warga untuk menanami pekarangan dengan tanaman yang memiliki manfaat lebih, sepeti tanaman Toga.

Sementara, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Lampung Selatan, Bibit Purwanto mengatakan, penanaman Toga tersebut, bertujuan memberikan informasi  terkait manfaat  penggunaan Toga dan pengolahannya secara sederhana kepada masyarakat.

Dia mengatajab, hasil  penanaman Toga dapat  dimanfaatkan warga sebagai alternatif  pengobatan secara sederhana atau tradisional.

“Jadi nanti kebun ini bisa menjadi sarana edukasi bagi masyarakat. Karena yang kita tanam hari ini 150 jenis tanaman Toga. Seperti jahe nerah, temu kunci, bangle, kencur, temu giring, alamanda, kapulaga, dan lainnya,” ujar Bibit. (ril)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini