28.7 C
Bandar Lampung
Jumat, September 30, 2022
spot_img
BerandaInternasionalPengadilan Den Haag Setuju Dengar Gugatan WNI

Pengadilan Den Haag Setuju Dengar Gugatan WNI

 15 dilihat

DEN HAAG, WARTAALAM.COM — Pengadilan banding Belanda di Den Haag memutuskan bahwa gugatan yang diajukan oleh lima orang Indonesia harus didengar. Kelimanya menuntut Belanda untuk bertanggung jawab atas eksekusi ayah mereka oleh tentara Belanda pada tahun 1947.

Dugaan eksekusi lima orang itu terjadi selama perang kemerdekaan Indonesia yang dimulai setelah berakhirnya Perang Dunia II pada 1945 dan berakhir pada 1949 ketika Belanda mengakui kemerdekaan bekas jajahannya.

Belanda telah mengklaim bahwa tindakan-tindakan mereka di bekas jajahannya telah terjadi terlalu lama untuk dianggap bertanggung jawab. Tetapi pengadilan menolak ini, dengan alasan tingkat kekerasan yang luar biasa dan sejauh mana Belanda bersalah.

“Selama konflik, tentara Belanda mengeksekusi lawan tanpa bentuk pengadilan dan menyiksa tahanan selama interogasi,” kata pengadilan, seperti dilansir Reuters pada Selasa (1/10/2019).

Pengadilan banding mengatakan pengadilan yang lebih rendah sekarang akan mengadili kasus ini, di mana kelima orang Indonesia menuntut Belanda untuk mendapatkan kompensasi. Pengadilan rendah juga akan berusaha untuk menentukan apakah para pengadu itu sebenarnya adalah anak-anak lelaki yang dieksekusi.

“Ini akan sulit untuk dibuktikan, karena Belanda tidak mendaftarkan siapa yang ditembak dan kapan selama konflik, dan juga tidak melakukan upaya untuk mendokumentasikan ini dengan benar begitu perdamaian dipulihkan,” papar pengadilan banding.

“Jika identitas mereka dikonfirmasi, kelima pria dan wanita akan berhak atas kompensasi untuk biaya hidup mereka selama tahun-tahun masa kecil mereka,” sambungnya.

Pengadilan di Den Haag juga menguatkan vonis sebelumnya bahwa seorang lelaki Indonesia yang disiksa oleh Belanda berhak mendapatkan biaya kompensasi sebesar USD 5.500 atau sekitar Rp. 78 juta. (*)

Berita Terkait

Undian Piala Dunia 2022: Amerika Serikat dan Iran, Spanyol dan Jerman satu grup

JAKARTA - WARTAALAM.COM - Amerika Serikat berada satu grup...

Mulai 1April 2022, Indonesia Terapkan Solar Standar Euro IV

JAKARTA - WARTAALAM.COM -  Pemerintah Indonesia akan menerapkan bahan...

Rakornas BBI, Presiden RI Ingatkan Tingkatkan Penggunaan Produk Dalam Negeri

LAMPUNG SELATAN - WARTAALAM.COM - Presiden Republik Indonesia (RI),...

Benzema Bikin Hattrick Bawa Madrid ke Perempatfinal Liga Champions

JAKARTA - WARTAALAM.COM - Karim Benzema mencetak hattrick yang...
spot_img
Semua Negara
622,547,034
Total kasus terkonfirmasi Kasus Covid
Updated on September 30, 2022 10:22 am

Langganan Berita

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini