Biarkan Anak Menentukan Jenjang Pendidikan

0
448
Pengurus DPW FK PKBM Provinsi Lampung yang baru menjalani prosesi pelantikan.

Bandar Lampung, WARTAALAM.COM — Biarkan anak menentukan jenjang pendidikan sesuai pilihannya, orang tua jangan intervensi, kata Bendahara Dewan Pipmpinan Pusat Forum Kominikasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (DPP FK-PKBM Indonesia), Kusnanto pada pengukuhan pengurus DPW PKBM Provinsi Lampung, di Gedung BP PAUD Telukbetung, Bandar Lampung, Minggu (29//9),

Kusnanto berharap pengurus baru DPW FK PKBM Provinsi Lampung periode 2019-2024 jauh lebih baik dari sebelumnya dan mampu menjabarkan visi dan misi organisasi dan tujuan pendidikan nasional.

“Jika tidak mampu meningkatkan apa yang telah dicapai kepengurusan lama itu namanya kemunduran. Saya berharap kepengurusan yang baru ini betul-betul mau bekerja keras dan kompak dan itu telah dibuktikan dengan hadirnya sejumlah mitra PKBM pada event tersebut,” katanya.

Menurut dia, pendidikan meliputi internal (keluarga), formal (sekolah negari maupun swasta) dan non formal (paket atau penyetaraan). Dan pendidikan merupakan pengembangan potensial sesuai bakat dan minat anak (kopentensi).

Jalur kesetaraan, kata dia, tidak bisa dipandang dengan sebelah mata karena sama-sama berstandar mutu, yang membedakan hanya pengembangan potensi peserta didik.

Pendidikan adakan pilihan dan kesetaraan juga mendapatkan pokasi sehingga bukan saja mendapatkan sertifikat tanda tamat belajar tapi juga sertifikat kopentensi..

Sementara itu Ketua BP PAUD Provinsi Lampung, Ny.Rindangsari mengatakan, pengurus baru DPW FK PKBM harus bersemangat dalam meningkatkan apa yang telah digapai selama ini.

Lampung, kata dia, memiliki potensi yang tidak kalah dibandingkan provinsi lain. Dan hal itu hendaknya perlu digali dan terus dikembangkan sehingga ke depan Lampung jauh lebih baik dari daerah lain.

“Saya berahap pengurus baru FK PKBM Lampung tidak jalan di tempat, melainkan terus berupaya melakukan terobosan dan mampu mengatasi kendala yang ada,” katanya.

Di sisi lain, Ketua DPW FK PKBM Povinsi Lampung yang baru, Selamat Efendi berjanji akan menjalankan roda organisasi sesuai kemampuan yang dimiliki masing-masing personal.

“Kami siap menjalankan apa yang menjadi tugas kami dan siap membawa PKBM Lampung jauh lebih baik lagi dengan meningkatkan apa yang telah dicapai dan membenahi kekuangan yang ada selama ini,” katanya.

Hadi pada kegiatan itu, selain mitra PKBM juga utusan Univesitas Terbuka (UT) yang siap menyambut peserta didik atau warga belajar dari PKBM yang ada. (Tra)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini