Pj Bupati Tanggamus Buka Bimtek dan Sosialisasi Pengembangan Agribisnis Model Umbul Berjaya

0
261

TANGGAMUS, wartaalam.com – Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan membuka Bimtek dan Sosialisasi Pengembangan Agribisnis Model Umbul Berjaya Usaha Masyarakat Beternak untuk Lampung Berjaya, di Kecamatan Gisting, Senin (4/12/2023).

Menurut Mulyadi Irsan, kegiatan itu sebagai upaya pengembangan agribisnis peternakan yang terintegrasi dari hulu ke hilir serta penguatan nilai tambah daya saing usaha peternakan di Provinsi Lampung melalui Dinas Peternakan dan Keesehatan Hewan Provinsi Lampung.

Sub sektor Peternakan masih menjadi andalan dalam penopang kehidupan masyarakat di Provinsi Lampung khususnya di Kabupaten Tanggamus bahkan sub sektor peternakan juga cukup signifikan dalam kontribusi PDRB, ternak kambing masih menjadi komoditi ternak utama, katanya.

Selain itu, berdasarkan hasil pencatatan dan pendataan Disnakbun Kabupaten Tanggamus, Desember ini, jumlah populasi kambing sekira 205.418 ekor, sapi potong 6.755 ekor, domba 8.479 ekor sedangkan untuk unggas tercatat ayam buras 377.276 ekor, ayam ras pedaging 30.220 ekor serta itik 36.490 ekor.

Dari kondisi tersebut potensi untuk penerapan Pengembangan Umbul Berjaya cukup baik di kabupaten Tanggamus, dengan jumlah ternak yang cukup banyak dan jumlah ketersediaan pakan yang memadai serta didukung iklim yang sejuk, menjadikan kondisi ternak memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan ternak dari kebupaten lain terutama kambing, ujarnya.

“Sehingga, diharapkan dengan adanya kegiatan itu dapat menjadi pondasi dalam upaya pengembangan agribisnis peternakan yang terintegrasi dari hulu ke hilir, dengan tujuan meningkatkan daya saing dan nilai tambah hasil para peternak yang bermuara pada meningkatkan nilai tukar petani dan daya saing petani serta berdampak pada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat serta dapat meningkatkan pendapatan daerah maupun nasional,” katanya.

Dilaksanakan juga penandatanganan dukungan kerjasama pengembangan agribisnis model Umbul Berjaya melalui Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung dan Dekan Fakultas Peternakan Universitas Tulangbawang, dan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung dan Ketua ISPI Wilayah Lampung yang disaksikan Pj. bupati setempat.

Sementara Kadis Peternakan dan kesehatan hewan provinsi Lampung, Lili Marwati mengatakan, sosialisasi dan bimbingan teknis kepada pengembangan agribisnis model Umbul Berjaya.

“Umbul Berjaya, usaha masyarakat peternak untuk kampung berjaya. Kita akan kembangkan pola kluster dari hulu hingga hilir yang berbasis agribisnis. Nanti dari pola kluster dari hulu ke hilir kita akan cari dulu oftekernya siapa, kelompok peternak sudah berjalan apa belum. Diharapkan dengan pengembangan agribisnis ini Tanggamus bisa menjadi file project untuk pengembangan kambing saburai ke depannya kata PJ. Bupati Tanggamus tadi,” katanya. (pon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini