BABINSA KORAMIL 421-09/Tanjung Bintang berikan Materi WAWASAN KEBANGSAAN kepada Mahasiswa ITERA

0
70

Tanjung Bintang, Lampung Selatan, Wartaalam.com – Babinsa Desa Sabah Balau Kecamatan Tanjung Bintang Peltu Efni Yurizal 421-09/TB memberikan materi wawasan kebangsaan (Wasbang) kepada mahasiswa siswa ITERA, bertempat di aula kampus ITERA Desa Sabah Balau Kecamatan Tanjung Bintang, minggu (05/11/2023).

Peltu Efni Yurizal Babinsa Desa Sabah Balau Kecamatan Tanjung Bintang, mengatakan pemberian materi Wawasan Kebangsaan sangat berguna untuk meningkatkan pemahaman dan Wawasan Kebangsaan kepada anak-anak sejak dini tidak terkecuali mahasiswa, guna menumbuhkan rasa Patriot dan Nasionalisme kepada Negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
“Pelajaran ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran bela negara kepada setiap warga negara yang memiliki hak dan kewajiban dalam membela dan menjaga negaranya,” ungkap Peltu E.Yurizal.

Masih menurut Babinsa penerapan Wawasan kebangsaan tidak hanya pada saat menerima materi dari saya tapi juga harus bisa diimplementasikan di kehidupan sehari-hari seperti, -.Mengikuti perayaan hari kemerdekaan setiap tahunnya dan mengibarkan bendera merah putih.
– Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya
– Menghormati lambang negara menghormati Bendera Merah Putih dan simbol-simbol negara seperti Garuda Pancasila serta memelihara budaya lokal dan memahami serta merawat tradisi budaya lokal seperti tari-tarian musik dan sebagainya, itu merupakan cara untuk menerapkan kebangsaan kita dalam kehidupan sehari-hari, katanya.

Acara dihadiri Kaprodi Teknologi industri Pertanian Endo Pebri Dani Putra, S TP., M. P.
Wilda Jarlia Devita S.TP., M. Si (Dosen Pembina Himagrin) dan Eka Nur’azmi Yunita S.TP., M. Si(Dosen Teknologi lndustri Pertanian) juga para Mahasiswa Teknologi industri Pertanian sebanyak 250 orang mahasiswa

Ditempat terpisah Komandan Koramil 421-09/Tjb Kapten Inf Tarekat mengatakan saat ini pemahaman Wawasan kebangsaan di lingkungan pelajar atau siswa sekolah hanya setengah setengah saja, bahkan ada yang tidak mengerti sama sekali.
“Oleh karena itu kita berupaya untuk menanamkan kembali nilai-nilai luhur Pancasila dan Perjuangan Bangsa agar kita mengerti dan memahami jati diri sebuah bangsa yakni Bangsa Indonesia,” jelas Danramil.

Menurut Danramil pelajar atau mahasiswa harus mendapatkan materi bela negara, dan wawasan kebangsaan serta pilar-pilar bangsa sebagai bekal ilmu.
“Siswa sekolah maupun Mahasiswa harus peduli terhadap apa yang menjadi kewajiban sebagai warga negara yang baik, salah satunya adalah menghargai jasa para Pahlawan, mengikuti upacara bendera setiap hari senin, dan yang lain,” paparnya.

Diapun berharap setelah para mahasiswa mengikuti kegiatan tersebut dapat menangkal paham radikalisasi, dan diharapkan dapat menularkan kepada orang lain berbagai pengetahuan bela Negara ini kepada teman temannya secara berkesinambungan,” tutup Danramil. (Timmy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini