Sat Polairud Polres Tanggamus dan Warga Bersihkan Sampah di Pantai Karang Bolong Limau

0
35

TANGGAMUS, WARTAALAM.COM – Sat Polairud Polres Tanggamus bersama warga membersihkan sampah yang menumpuk di Pantai Wisata Karang Bolong, Pekon Tegineneng, Kecamatan Limau, kabupaten setempat, Jumat (3/11/2023).

Kegiatan diinisiasi Kasat Polairud Iptu Zulkarnaen bersama kepala pekon dengan menggandeng PKK dan warga setempat, sebagai upaya menjaga kelestarian alam dan biota laut.

Dengan semangat yang tinggi, warga setempat bersama-sama menggunakan kantong pelastik berukuran besar, dengan ukuran satu meter kali lima puluh sentimeter, mengumpulkan sampah plastik, kaleng, dan berbagai jenis sampah lain yang berserakan.

Hasilnya, pantai tersebut semakin indah dengan tampilan karang yang berlubang di pinggir pantai setempat sehingga juga diharapkan membuat nyaman para pengunjung.

Zulkarnain mengatakan, agenda bersama warga Pekon Tegineneng melalui kegiatan bersama sapu bersih sampah laut bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat mejaga sumberdaya alam di wilayah pantai terutama di Kecamatan Limau.

“Kami mengajak warga untuk menjaga kelestarian laut kita karena laut ini adalah sumberdaya, sumber pendapatan nelayan, sehingga dengan adanya program bersih pantai. Kita berharap biota laut akan tumbuh dan penghasilan nelayan akan meningkat,” kata Zulkarnain mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Siswara Hadi Chandra, Sabtu (4/11/2023).

Zulkarnain mengatakan, kegiatan serupa akan dijadwalkan pihaknya sebulan dua kali dengan cara berpindah-pindah.

“Minggu esok kami rencana dilaksanakan di Kecamatan Cukuh Balak atau di kecamatan lainnya,” ujarnya.

Dia menghimbau masyarakat yang di pesisir pantai tidak membuang sampah ke laut, terutama sampah plastik, sebab sampah plastik dibutuhkan waktu 500 sampai dengan 1000 tahun untuk bisa diurai.

“Karena sampah plastik tidak akan berubah, tidak akan merubah bentuk sehingga akan menimbulkan residu yang dapat merusak lingkungan,” katanya.

Kepala Pekon Tegineneng, Limau, Muslim mengapresiasi bersih sampah di pantai tersebut sebab sangat positif dan baik.

“Melalui kerjasama Satpolair yang ikut serta pada kegiatan bersih-bersih pantai dari sampah-sampah yang berserakan,” kata Muslim.

Muslim berharap, aksi serupa dapat terus dilaksanakan khususnya wilayah tersebut hingga ke arah TPI di Dusun Kuala.

Dia mengatakan, kegiatan Pokdarwis wisata Pantai Karang Bolong memang pernah dilakukan pembersihan, namun masa Covid-19, wisata turut sepi sehingga tidak ada aktifitas.

“Setelah normal kembali wisata, kami akan kembali menggiatkan Pokdarwis dalam membersihkan pantai, agar wisata di sini nyaman dan bersih,”¬†tuturnya.¬†(pon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini