Sat Binmas Polres Pringsewu Berikan Penyuluhan Peningkatan Kapasitas Sat Linmas Menyongsong Pengamanan Pemilu 2024

0
20

PRINGSEWU, WARTAALAM.COM – Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas) Polres Pringsewu menggelar penyuluhan bertajuk “Peningkatan Kapasitas Satuan Perlindungan Masyarakat (Sat Linmas) dalam Rangka Persiapan Pengamanan Pemilu 2024”, di Gedung Serbaguna Kecamatan Sukoharjo, Pringsewu, Kamis (2/11/2023).

Acara yang dihadiri puluhan personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Sat Linmas) se- Kecamatan Sukoharjo bertujuan memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada para penggerak keamanan masyarakat di tingkat kecamatan.

Penyuluhan itu juga diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan kesiapan Sat Linmas dalam menghadapi tugas pengamanan Pemilu 2024.

Kapolres Pringsewu AKBP Benny Prasetya melalui Kaur Bin Ops Sat Binmas, Iptu Eko Sujarwo mengatakan, peran Sat Linmas dalam menjaga ketertiban dan keamanan selama proses Pemilu.

“Sat Linmas merupakan garda terdepan dalam menjaga stabilitas keamanan di tingkat kecamatan. Keterlibatan aktif mereka akan berarti dalam menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif selama pelaksanaan Pemilu,” ujarnya mewakili Kapolres Pringsewu AKBP Benny Prasetya.

Penyuluhan itu mencakup berbagai aspek, mulai dari pemahaman tentang tugas dan fungsi Sat Linmas, teknik-teknik pengamanan, hingga upaya pencegahan konflik yang mungkin terjadi.

Materi disampaikan secara interaktif, melibatkan peserta untuk berdiskusi dan bertukar pengalaman.

Dalam sesi tanya jawab, banyak peserta yang mengajukan pertanyaan terkait dengan pengalaman mereka dalam mengatasi situasi keamanan di lapangan. Hal itu menunjukkan antusiasme dan keinginan para anggota Sat Linmas untuk terus meningkatkan kualifikasi dan keterampilan mereka.

Eko mengatakan, kegiatan itu dapat memberikan dampak positif dalam mempersiapkan Sat Linmas menghadapi Pemilu 2024.

“Dengan keterlibatan dan kerjasama yang baik antara aparat kepolisian, Satpol-PP, dan Sat Linmas, diharapkan pelaksanaan Pemilu berjalan lancar dan aman di wilayah Kecamatan Sukoharjo, Pringsewu,” katanya. (pon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini