Pemkab Pringsewu Gelar Upacara Peringatan ke-95 Sumpah Pemuda

0
31

PRINGSEWU, WARTAALAM.COM – Pemerintah Kabupaten Pringsewu menggelar upacara peringatan ke-95 Sumpah Pemuda , di Lapangan Pemkab Pringsewu, Senin (30/10/2023).

Upacara diikuti jajaran pemerintah, DPRD dan forkopimda dengan inspektur upacara Sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu Heri Iswahyud.

Menyampaikan amanat tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga RI Ario Bimo Nandito Ariotedjo, sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu mengatakan peringatan Sumpah Pemuda setiap 28 Oktober mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme.

Sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda 1928, yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia, katanya.

Peringatan Sumpah Pemuda tahun 2023 mengusung tema ‘Bersama Majukan Indonesia’ dengan logo HSP yang bermakna membentuk stilasi barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi, sedangkan warna-warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya. Heterogenitas tersebut merupakan sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia.

“Pemerintahan Republik Indonesia telah membuka luas partisipasi pemuda-pemudi generasi muda Indonesia hari ini telah seiring sejalan mewujudkan harapan masa depan Indonesia bersama-sama. Inklusifitas dalam ekosistem kolaborasi lintas generasi telah membangun optimisme kolektif sekarang pemuda-pemudi mendapatkan tempat terhormat di dalam pembangunan nasional,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Heri Iswahyudi didampingi Ketua DPRD Pringsewu Suherman dan jajaran forkopimda juga menyerahkan sejumlah penghargaan, di antaranya bonus tambahan kegiatan Pekan Olahraga Provinsi Lampung 2022, penghargaan pemenang kompetisi Karya Inovasi dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kabupaten Pringsewu 2023, masing-masing kepada Afni Ayu Riski (kategori pelajar), Yeni Ria Wulandari (kategori umum) dan Selviana Larasati (kategori pekon).

Kemudian penghargaan Adiwiyata Mandiri dan Adiwiyata Nasional, yang diterima UPT SMPN 2 Adiluwih (Adiwiyata Mandiri) dan UPT SMPN 4 Pringsewu (Adiwiyata Nasional), serta penghargaan Kalpataru Provinsi Lampung 2023 untuk kategori Perintis Lingkungan yang diraih Lukman Riyadi, seorang pegiat lingkungan warga Kelurahan Pringsewu Barat, Kecamatan Pringsewu. (pon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini