Polres Tanggamus Gelar Simulasi Sispamkota dan Tanda Tangan Komitmen Moral Pemilu 2024

0
182

TANGGAMUS, WARTAALAM.COM – Polres Tanggamus menggelar peragaan Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dalam menjaga keamanan dan kelancaran Pemilu Tahun 2024, di Lapangan Pemkab Tanggamus, Rabu (25/10/2023).

Simulasi dipimpin Kapolres Tanggamus AKBP Siswara Hadi Chandra dihadiri Dirbinmas Polda Lampung Kombes Anang Triarsono, Forkopimda, ketua KPU, ketua Bawaslu Tanggamus dan perwakilan parpol.

Dalam peragaan Simulasi, melibatkan penggunaan jalur escape pengawalan caleg saat terjadinya chaos pada kampanye, menghadapi hadangan massa saat pengiriman kotak suara.

Selain itu pengamanan kerusuhan di TPS saat pemungutan suara dan mengatasi kerusuhan atau unjuk rasa di Kantor KPU Kabupaten Tanggamus.
Serta patroli bersama TNI wujud sinergi pengamanan Pemilu 2024.

Secara umum, simulasi tersebut menunjukkan kesiapan menghadapi pengamanan hingga mendapatkan apresiasi dari Forkopimda, KPU dan Bawaslu.

Kegiatan juga diwarnai penandatanganan komitmen moral dalam rangka mewujudkan Pemilu Damai Tahun 2024 oleh Forkopimda, KPU, Bawaslu dan pengurus parpol.

Dirbinmas Polda Lampung Kombes Anang Triarsono selaku Pamatwil Kabupaten Tanggamus mengatakan, Sispamkota diselenggarakan untuk persiapan pengamanan di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Dengan adanya Sispamkota, para anggota Polres di Provinsi Lampung bisa mengamankan jalannya Pemilu 2024 yang akan datang.

“Diharapkan dengan kegiatan ini kesiapan masing-masing wilayah Polres bagaimana menyusun pengamanan dengan baik,” kata Anang.

Menurut dia, untuk meningkatkan keamanan Pemilu 2024 pihak kepolisian akan selalu bekerjasama dengan seluruh pihak yang terlibat.

Ia meminta warga memahami akan terjadinya pesta demokrasi di tahun 2024 yang akan datang.

“Masyarakat juga harus memahami, kita akan mengadakan pesta demokrasi harus menerima siapapun yang terpilih itulah pilihan bangsa,” ujarnya.

Sehingga masyarakat juga dapat menerima segala keputusan yang terjadi di Pemilu 2024 nanti, tidak saling menghujat karena berbeda pilihan satu dengan yang lainnya.

“Sehingga masyarakat tidak saling menghujat dan menunjukkan masyarakat sudah mulai dewasa,” katanya.

Ia mengatakan, Polda Lampung, nantinya akan memberikan bantuan kepada Polres terkait pengaman. Namun bantuan itu akan diterjunkan jika memang kerusuhan yang terjadi sudah tidak bisa ditanggulangi pihak polres.

Anang optimistis, Polres Tanggamus dapat menanggulangi permasalahan yang terjadi di lapangan nanti, alasannya
persiapan Sispamkota yang dilakukan Polres Tanggamus sudah terbilang cukup baik.

“Namun dengan kesiapan hari ini kita harap para personel paham tugas dan fungsinya masing-masing,” ujarnya.

Kapolres AKBP Siswara Hadi Chandra mengatakan, terkait titik kerawanan, pihaknya telah memiliki data sehingga dari data tersebut dapat dilakukan pencegahan gangguan.

“Kita bersama segenap penyelenggara Pemilu akan saling bahu membahu untuk mewujudkan situasi yang aman dan kondusif,”¬†katanya.¬†(pon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini