Dinas Pemberdayaan Pemerintah Pekon Pringsewu Gelar Sosialisasi Pokjanal Posyandu

0
283

PRINGSEWU, WARTAALAM.COM – Dinas Pemberdayaan Pemerintah Pekon Kabupaten Pringsewu menggelar sosialisasi Kelompok Kerja Kesehatan Pos Pelayanan Terpadu (Pokjanal Posyandu) kecamatan tahun 2023.

Acara yang digelar di Aula Hotel Regency Gadingrejo Rabu (18/10/2023), dihadiri Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Ihsan Hendrawan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan
Pekon Iskandar Muda, kepala Bappeda yang mewakili kepala Dinas Kesehatan kepala Dinas P3AP2KB, ketua TP. PKK, camat se-Kabupaten Pringsewu serta para narasumber.

 

 

Ihsan Hendrawan mengatakan, dengan berdirinya Posyandu merupakan upaya pemerintah memudahkan masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan terutama ibu dan anak. Dengan tujuan mencegah meningkatnya kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat. Posyandu dilaksanakan satu kali dalam sebulan.

“Dan ini sebagai bukti dan kepedulian pemerintah dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat khusus di bidang kesehatan,” katanya.

Selain itu, kata dia, berdasarkan Permendagri Nomor 18 Tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) dan Lembaga Adat Desa (LAD), Posyandu menjadi di antara LKD yang ada di desa sebagai wadah partisipasi masyarakat, sekaligus sebagai mitra pemerintah desa yang ikut serta dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan, serta meningkatkan pelayanan masyarakat desa khususnya di bidang kesehatan.

“Dalam RPJMN tahun 2020 – 2024, mengamanahkan pencapaian sasaran pembangunan kesehatan dengan
menyiapkan fasilitas kesehatan dan pemberdayaan masyarakat dengan indikator di antaranya posyandu aktif dengan target 80%. Sistem layanan kesehatan primer pada level kecamatan menjadi tanggung jawab Puskesmas, sedangkan pada level desa, layanan kesehatan diselenggarakan di Posyandu,” ujarnya.

Guna menguatkan struktur Pokjanal Posyandu, kata dia memerlukan kolaborasi dan komitmen bersama yang kuat untuk memastikan pembinaan penyelenggaraan/pengelolaan Posyandu yang ada di desa berjalan dengan baik.

“Para peserta diharapkan untuk mengikuti sosialisasi Pokjanal Posyandu kecamatan dengan sungguh-sungguh sehingga memaksimalkan potensi diri yang nantinya ditularkan kepada masyarakat dan untuk tetap semangat menjadi ujung tombak pelaksanaan kegiatan program kesehatan yang ada di tingkat pekon,” katanya. (pon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini