Polres Pringsewu Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantab Brata

0
77

Pringsewu, Wartaalam.com – Polres Pringsewu Polda Lampung, melaksanakan Apel glGelar Pasukan Operasi Mantab Brata dalam rangka pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, di Lapangan Mapolres setempat, Selasa (17/10/2023) pagi.

Kapolres setempat memimpin kegiatan dan hadir seluruh jajaran kepolisian, TNI, serta unsur pemerintahan dan lembaga terkait.

AKBP Benny Prasetya mengingatkan operasi itu bagian upaya pencegahan dan penanganan potensi gangguan kamtibmas selama proses pemilu.

Menurut dia, perlu kerjasama dan koordinasi yang baik antara semua pihak terkait guna menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama kampanye dan pelaksanaan pemungutan suara.

“Operasi Mantab Brata merupakan wujud komitmen kita dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat dan menjamin kelancaran proses demokrasi pada Pemilu 2024. Kita harus siap dan tanggap dalam menghadapi berbagai potensi ancaman, termasuk upaya-upaya yang dapat mengganggu keamanan selama proses pemilihan,” katanya.

Apel gelar pasukan juga diikuti oleh unsur TNI, KPU, Bawaslu, serta petugas dari berbagai instansi dan potensi masyarakat terkait.

Seluruh personel yang terlibat dalam operasi diberikan arahan tentang tata cara pengamanan, penanganan konflik, serta penerapan aturan dengan mengutamakan pendekatan humanis dan profesional.

Dalam apel tersebut, dia, menyampaikan instruksi seluruh personel menjaga netralitas dan tidak terlibat dalam konflik politik. Selain itu, mereka diminta untuk selalu bersikap adil dan memperlakukan setiap pihak tanpa memandang preferensi politik.

Operasi Mantab Brata akan dilaksanakan dengan melibatkan personel kepolisian dan unsur keamanan lainnya di seluruh wilayah Pringsewu. Peningkatan patroli dan pengawasan di lokasi strategis, pengamanan penyelenggaraan kampanye, dan pemilihan umum menjadi fokus utama dalam rangka mewujudkan Pemilu yang aman dan damai.

Dengan diselenggarakannya apel gelar pasukan ini, kapolres berharap seluruh personel yang terlibat dapat bersinergi dalam menjaga keamanan selama proses Pemilu 2024.

“Sehingga masyarakat dapat berpartisipasi dalam pemilihan dengan nyaman dan aman,” ujarnya.

Kabag operasional Polres Pringsewu, Kompol Kisron mengatakan, operasi mantab brata pengamanan pemilu digelar 222 hari dan dimulai19 Oktober 2023 mendatang.

Dalam operasi, pihaknya menyiapkan 259 personel yang akan diterjunkan selama pelaksanaan pengamanan mulai dari tahap pendaftaran cakon presiden dan wakil presiden hingga proses pelantikan. (pon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini