Job Fair Lampung Selatan 2023 Dibuka, Ada 2.339 Lowongan Kerja

0
291

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi menyelenggarakan Bursa Kerja atau Job Fair 2023, dengan menghadirkan 40 perusahaan yang ada di kabupaten itu.

Bupati setempat Nanang Ermanto membuka kegiatan dengan pemukulan gong, di GOR Way Handak, Rabu (11/10/2023).

Hadir juga anggota forkopimda, Sekretaris Daerah Kabupaten Thamrin beserta para pejabat utama di lingkungan pemkab setempat.

Nanang mengapresiasi kegiatan tersebut dan berharap Job Fair 2023 dapat menyerap tenaga kerja.

Dia menyatakan akan terus mendorong investasi bisa hadir di kabupaten itu, sehingga bisa membuka lapangan pekerjaan.

“Alhamdulillah, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi berkolaborasi dengan perusahaan-perusahaan yang ada memberikan peluang bagi warga yang sedang mencari pekerjaan. Jadi pencari kerja dan perusahan bisa terhubung langsung,” ujarnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi setempat Intji Indriati melaporkan, data terakhir yang mendaftarkan secara online melalui QR Code Job Fair 2023, sekira 359 peserta atau calon pencari kerja.

“Kesempatan kerja yang dibuka hari ini sekira 2.339. lowongan dari perusahaan-perusahaan yang ada,” ujarnya.

Dia mengatakan, tingkat pengangguran di kabupaten itu meningkat sekira 1,015 persen. Kenaikan tersebut disebabkan ketidakseimbangan antara jumlah pencari kerja dengan lowongan pekerjaan yang ada.

Dengan dilaksanakannya Job Fair tersebut, kata dia, diharapkan mengurangi jumlah pengangguran.

“Manfaat
kegiatan ini memberikan kesempatan kepada pencari kerja atau calon pelamar kerja bertemu langsung dengan perwakilan perusahaan yang diminati. Dengan begitu, bisa meningkatkan peluang kebutuhan lowongan kerja,” ujarnya

Sementara itu, seorang pencari kerja, Aditia Prasetyo, warga Desa Pulau Tengah, Kecamatan Palas, mengaku terbantu dengan Job Fair 2023.

Dia bersyukur karena Job Fair 2023 bisa mempermudah pencari kerja dalam melihat lowongan pekerjaan, tanpa harus datang ke perusahaan yang dituju satu persatu.

“Saya menyiapkan dua lamaran. Di antaranya, saya melamar di PT. Keong Nusantara Abadi (Wong Coco). Harapan saya program Job Fair ada setiap tahun,” katanya. (amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini