Bupati dan Forkompimda Lampung Selatan Tanam Bawang Sekaligus Panen Semangka di Kebun Edukasi

0
646

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM – Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat menanam bawang sekaligus panen semangka di Kebun Edukasi, Kalianda, Selasa (12/9/2023).

Nanang Ermanto mengatakan, tujuan kegiatan mendorong pertanian berkelanjutan dan memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat terkait proses pertanian, dan Kebun Edukasi telah menjadi wadah ideal mencapai tujuan tersebut.

Langkah ini, kata dia, akan memberikan dorongan kepada petani lokal mengembangkan budidaya bawang merah sebagai komoditas andalan daerah.

“Kami sama-sama dengan jajaran Forkopimda, Dinas Pertanian dan seluruh jajaran pejabat pemerintah daerah menanam bawang pada hari ini dan kami sudah melihat aktivitas pertanian, ini dari tanaman asli bukan tempelan,” katanya.

Selain itu, kata dia, menanam bawang merah dan memanen semangka di Kebun Edukasi diharapkan bisa menjadi langkah inovatif meningkatkan pertanian lokal dan pendidikan pertanian masyarakat setempat.

Dia mengatakan, pertanian di Kebun Edukasi merupakan upaya menekankan ketahanan pangan dan mengembangkan sektor pertanian kepada masyarakat, sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memanfaatkan pekarangan rumah.

“Tujuannya, manfaatkan pekarangan rumah. Bagaimana memafaat kondisi, kita bisa panen, inovasi dari petani itu sendiri. Kami banyak cara menanam gak harus lokasi basah, kita harus kreatif, bagaimana kita menyikapi kondisi keadaan yang ada,” ujarnya.

Setelah menanam bawang, dia beserta jajaran langsung memetik terong lalap, cabai dan buah semangka yang di ada di kebun itu. (amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini