Tampung Keluhan Warga, Polres Tulangbawang Barat Kembali Gelar Program Jumat Curhat

0
518

TULANGBAWANG BARAT, WARTAALAM.COM – Polres Tulangbawang Barat (Tubaba) Polda Lampung kembali menggelar program Jumat Curhat. Kali ini di Balai Tiyuh (desa) Karta, Kecamatan Tulangbawang Udik, kabupaten setempat, Jumat (1/9/2023).

Program tersebut menjadi silaturahmi dan komunikasi antara Polri dengan masyarakat.

Kapolres setempat AKBP Ndaru Istimawan yang hadir pada kegiatan tersebut menyampaikan maksud dan tujuan program Jumat Curhat.

Program tersebut, kata dia, untuk menampung curhatan masyarakat yang nantinya dicarikan solusi.

“Ya, terlebih kami juga menerima masukan, saran maupun kritikan yang sifatnya membangun bagi Polres Tulangbawang Barat dan jajaran,” katanya.

Selain menampung keluhan, AKBP Ndaru juga mengatakan, Jumat Curhat sebagai upaya mempererat silaturahmi serta menjaga komunikasi masyarakat dan Polri. Untuk mengimplementasikan Polri hadir di tengah masyarakat.

“Ya, kami dengarkan keluhan – keluhan serta masukan dari masyarakat untuk kemajuan institusi Polri dan terjaganya situasi Kamtibmas yang diharapkan masyarakat. Sekaligus meningkatkan pelayanan Polri kepada masyarakat, sehingga benar-benar menjadi pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat,” ujarnya.

Kapolres menyampaikan kepada warga hal terkecil dalam memelihara kamtibmas di mulai dari menjaga lingkungan keluarga contoh kecil dengan mengunci kendaraan bermotor, mengunci pagar, jendela dan pintu rumah.

“Tindak kejahatan terjadi karena adanya kesempatan dan niat pelaku kejahatan, apabila kita waspada maka tindak kejahatan itu tidak akan terjadi,” katanya.

Kapolres mengharapkan kepala Tiyuh Karta maupun camat setempat meningkatkan Poskamling di wilayahnya untuk menghilangkan niat dan kesempatan pelaku tindak kriminal.

Dalam Jumat Curhat juga menerima curhatan dari beberapa warga di antaranya terkait warga yang meracuni sungai di desa itu dan juga agar ditertibkan Polisi Sungai yang dibentuk pemkab setempat selain itu warga lainnya juga mengharapkan di kecamatan itu segera dibangun polsek

Warga lain menanyakan masalah narkoba, mengapa narkoba bisa masuk sampai ke pelosok kampung. Mereka minta pihak Polres menangkap pelaku yang membuat kegaduhan dan merusak palang peringatan serta lampu jalan

Kapolres menanggapi pertanyaan-pertanyaan warga tersebut.

“Polsek di kecamatan itu mudah-mudahan dalam waktu dekat segera terlaksana pembangunannya,” kata dia.

Menurut Kapolres, soal narkoba, pihak kepolisian sudah melaksanakan sosialisasi dari tingkat pelajar untuk menjauhi narkoba.

Narkoba bukan hanya berasal dari Jakarta tetapi dari luar negeri, laporkan apabila mengetahui pengedar dan pemakai narkoba, katanya.

Program Jumat Curhat itu dihadiri pejabat utama Polres Tulangbawang Barat, camat Tulangbawang Udik, kapolsek Tumijajar, danramil, kepala Tiyuh Karta, tokoh agama dan masyarakat serta pemuda. (pon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini