Jumbara PMR di Lampung Selatan, 609 Peserta Sakit

0
784
Suasana di lokasi Jumbara Nasional IX Tahun 2023 di Lampung Selatan. (ist)

Loading

Lampung Selatan, Wartaalam.com – Sekira 609 peserta sakit saat mengikuti Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara) IX Palang Merah Remaja (PMR) Nasional 2023 yang diselenggarakan di Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung.

“Data yang kami terima itu ada 609 orang yang sakit, dan itu hasil dari tim kami, dari peserta mendatangi kontingen dan penginapan serta yang lainnya, untuk diperiksa,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan Devi Arminanto, di Kalianda, Minggu (9/7/2023).

Ia mengatakan, dari total jumlah peserta yang sakit tersebut, sebagian dirujuk ke rumah sakit terdekat.

“Yang dirujuk ke RS Bob Bazar itu ada 42 orang dan yang rawat inap 31 orang, serta sudah pulang ada 23 orang,” katanya.

Dia mengatakan sampai saat ini masih ada peserta yang dirawat di rumah sakit karena kondisi masih belum bisa dipulangkan.

“Yang masih dirawat ada 8 orang lagi, dari Kontingen Bali 1 orang, Bengkulu 2 orang, negara sahabat Italia satu orang, Jambi dua orang, Sumatera Barat 1 orang, dan Kontingen Jakarta 1 orang,” ujarnyai.

Mayoritas penyakit yang diderita para peserta Jumbara, kata dia, penyakit dampak perubahan iklim, atau perubahan cuaca yang membuat daya tahan tubuh melemah, serta alergi makanan.

“Ada yang alergi makanan, ada yang muntah-muntah, diare, dan sebagian lagi juga karena perubahan iklim, mereka batuk, panas, pilek, dan lain-lain,” ujarnya.

Menurut dia, untuk seluruh biaya perawatan dari peserta yang harus dirawat di rumah sakit itu seluruhnya ditanggung Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

“Untuk pembiayaan khususnya yang dirujuk semuanya sudah menjadi suatu tanggung jawab ya jadi seluruhnya mereka ditanggung BPJS,” ujar dia.

Jumbara IX telah berakhir, dan berlangsung di Lampung Selatan 2-9 Juli 2023. Saat ini sebagian besar peserta telah pulang ke daerah atau tempat tujuan masing-masing. (***)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini