Pemkab Lamsel Gelar Rapat Koordinasi Persiapan Jelang Idhul Fitri 1444 H

0
418

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan (Pemkab Lamsel) menggelar Rapat Koordinasi Persiapan menjelang Idhul Fitri 1444 H/2023 M, di Aula Rajabasa, Kantor Bupati setempat, Senin (10/4/2023).

Sekretaris Daerah (Sekda) setempat Thamrin membuka kegiatan itu dan turut hadir perwakilan Forkopimda, para asisten dan staf ahli bupati serta kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat dan jajaran dari instansi vertikal lainnya.

Thamrin mengatakan, Idhul Fitri merupakan momentum yang dinanti masyarakat. Antusiasme menyambut Lebaran biasanya diikuti dengan melonjaknya mobilitas dan permintaan kebutuhan.

Menurut dia, rapat itu membahas beberapa permasalahan yang dihadapi menjelang hari raya. Di antaranya, peningkatan permintaan kebutuhan pokok masyarakat dan kecenderungan peningkatan harga, potensi kecelakaan dan kemacetan lalu lintas.

Peningkatan kebutuhan layanan transportasi dan infrastruktur, potensi gangguan ketentraman dan ketertiban masyarakat, faktor cuaca ekstrem dan penyebaran kembali Covid-19, ujarnya.

Thamrin meminta Tim Pengendalian Inflasi setempat bersama OPD dan instansi terkait lainnya, terus melakukan pemantauan secara berkala terhadap kecukupan kebutuhan pangan serta melakukan upaya stabilisasi harga dengan operasi pasar.

Dia berharap fasilitas pelayanan kesehatan 24 jam di Posko Terpadu dioptimalkan. Kemudian, pengaturan rest area, memastikan dan memantau kesiapan simpul transportasi, serta memastikan kesiapan sarana transportasi.

“Dengan adanya dukungan di bidang pengaturan lalulintas dan angkutan jalan, juga merupakan kewajiban untuk dilakukan. Di antaranya dengan menempatkan petugas pada lokasi kepadatan lalulintas, memastikan kelancaran mobilisasi angkutan logistik, dan antisipasi gangguan di daerah rawan bencana, katanya.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Lampung Selatan Kompol Tangguh Satya Buana mengatakan, pihaknya akan segera melaksanakan pengamanan Operasi Ketupat Krakatau menjelang Idhul Fitri 1444 H/2023 M.

Menurut dia, akan terdapat 13 Pos Pengamanan (Pospam) dan 2 Pos Pelayanan (Posyan) yang akan tersebar di sejumlah lokasi di kabupaten itu.

Menurut dia, untuk Posyan rencananya dilaksanakan di Pelabuhan Bakauheni dan Bandara Radin Inten II.

“Pada 18 April dimulainya Operasi Krakatau sesuai perintah Mabes Polri. Kemudian 20-21 April diperkirakan akan menjadi puncak arus mudik dari Jawa masuk ke Sumatera. Pada 24-25 April diperkirakan puncak arus balik,” ujar dia. ( amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini