PSSI Lampung Siap Daftarkan Sepakbola dan Futsal

0
537
Pengurus Asprov PSSI Lampung menggelar rapat dengan Exco PSSI di Bandarlampung, Sabtu (8/4/2023). (ist)

BANDAR LAMPUNG, WARTAALAM.COM – Asosiasi Provinsi (Asprov) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Lampung Siap mendaftarkan tim sepakbola serta futsal putra dan putri di Porwil (Pra PON) 2023.

Ketua Asprov PSSI Lampung, Edy Samsu, usai rapat dengan Exco PSSI, Sabtu (8/4/ 2023), di Bandarlampung mengatakan, pihaknya akan ikut ambil bagian di event tersebut.

“Ya final, kami memutuskan akan mendaftarkan sepakbola putra dan putri, demikian juga futsal untuk mengikuti Pra PON maupun Porwil. Memang tidak sama, Sepakbola putra akan ikut Porwil se-Sumatera, sementara sepakbola putri ikut pra PON. Dan Futsal semuanya pra PON, yang masih menunggu jadwal dan tempat yang konkrit,” katanya.

Seperti diketahui untuk sepakbola putra akan bermain di Pekan olahraga Provinsi (Porwil) Sumatera September mendatang bersama tujuh provinsi lainnya, minus Sumut dan Aceh yang sudah lolos karena sebagai tuan rumah PON 2024.

Dari delapan tim yang berlaga di Porwil akan lolos dua tim lagi, juara masing-masing grup.

“Kemungkinan sepakbola Porwil akan dibagi dua grup, dan juara grup lolos. Dengan demikian Sumatera akan meloloskan empat tim ke PON 2024,” ujarnya.

Sementara di bagian sepakbola putri akan melakoni kualifikasi PON yang tempat dan waktunya segera ditentukan.

Sedang futsal, kemungkinan akan menjalani pra PON dengan pola pembagian grup yang lebih keras karena akan masuk di grup Sumatera dua tim kuat dari DKI Jakarta, Yogyakarta, Banten dan Jawa Barat dan satu tim lagi dari Kalimantan.

Jika mengacu pada pola pra PON tahun 2020 di Jatinangor Jawa Barat akan dibagi delapan grup se Indonesia, sehingga satu grup ada empat provinsi.

Pada pra PON lalu, Lampung bersama DKI Jakarta, Aceh dan Banten. Namun tahun ini belum ada khabar yang valid.

Seleksi Tim

Pelaksanaan seleksi dan pemilihan pemain tim sepakbola Pra PON Lampung paling lambat dilakukan setelah Idul Fitri.

Edy mengatakan, intinya dalam rapat koordinasi Exco sore itu untuk mereview persiapan tim pra PON, yang akan bertanding lewat Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) di Riau 2023.

“Kami sudah serahkan pembentukan tim kepada Wakil Ketua Asprov PSSI, saudara Yoga Swara termasuk mencari pelatih tim. Dan kami berharap segera berlangsung seleksi tim setelah Lebaran nanti,” katanya.

Edy menginformasikan bahan tim akan diseleksi pelatih dan sebelumnya ada beberapa pemain hasil seleksi tim PSSI juga yang akan diikutsertakan.

“Pemain kali ini kelahiran tahun 2003. Dan ada beberapa yang sedang di tim nasional atau bermain di luar Lampung. Jika usianya masih masuk, pasti akan diberikan kesempatan untuk seleksi. Dan secara mekanismenya sudah diatur sama Yoga selaku penjab sekaligus manajer tim,” katanya.

Sementara diberitakan sebelumnya, Yoga Swara mengatakan jadwal sudah disiapkan dan tinggal menunggu waktu, usai Lebaran akan langsung dilakukan seleksi oleh pelatih.

“Yang mau melatih dan meramu tim serta mempunyai strategi adalah pelatih, maka kami serahkan sepenuhnya kepada pelatih kami untuk memilih pemain tim Pra PON. Tujuannya sama, lolos PON,” ujar Yoga via selulernya.

Sementara untuk futsal tim putra dan putri sudah melakukan seleksi berjalan di Giga Sport Arena Kota Metro dan tinggal menyelesaikan proses seleksi akhir memilih 16 pemain yang akan dibawa Pra PON.

Sedangkan tim sepakbola putri belum melakukan seleksi. Diketahui ada dua pemain Lampung yang main di Tim Nasional, Garuda Pertiwi yang saat ini masih melakukan pertandingan penyisihan olimpiade Perancis 2024, di Lebanon. (rls)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini