31 Grup Ikuti Lomba Qasidah Tingkat Kabupaten Lampung Selatan

0
472

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM – Sekira 31 grup dari berbagai kecamatan ikuti Lomba Qasidah tingkat Kabupaten Lampung Selatan yang digelar Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) setempat.

Ketua Umum Lembaga Seni dan Qosidah Indonesia (LASQI) Kabupaten Lampung Selatan Winarni Nanang Ermanto membuka kegiatan di panggung outdoor Gedung Olahraga (GOR) Way Handak, Kalianda, Kamis (9/3/2023).

Kepala Bagian Kesra dan Ketua Panitia Penyelenggara Firmansyah mengatakan, lomba qasidah tingkat kabupaten diikuti 31 grup tingkat remaja maupun ibu-ibu.

“Adapun untuk hadiah yang kami siapkan dari DPA Bagian Kesra Setdakab, juara I mendapat Rp3 juta, juara II Rp2 juta dan juara ketiga Rp1,5 juta ditambah dengan tropi dan piagam,” katanya.

Menurut Firmansyah, lomba qasidah tahun ini mengusung tema “Meningkatkan Syiar Islam dan Menjadikan Masyarakat Lampung Selatan yang Bertalenta dan Berprestasi”.

“Dengan tema ini, harapannya dapat membentuk talenta masyarakat Kabupaten Lampung Selatan,” ujarnya.

Sementara, Winarni mengatakan, qasidah merupakan seni yang dapat dijadikan media dakwah yang memiliki dampak luas terhadap masyarakat.

“Dengan qasidah kita berupaya mengenalkan seni budaya Islam kepada generasi muda Islam,” katanya.

Dia mengatakan, lomba qasidah juga merupakan upaya mewujudkan kaum muda Lampung Selatan memiliki kepedulian, kecintaan dan penghargaan terhadap seni budaya Islam dan senantiasa terjaga kelestariannya.

“Hal ini menjadi tanggung jawab dan tugas kita bersama, baik pemerintah daerah, lembaga seni budaya, tokoh agama, termasuk para seniman, untuk melaksanakan berbagai tantangan yang dihadapi melalui pintu dan bahasa seni budaya Islami,” ujarnya.

Dia berharap, 31 anggota grup qasidah mengikuti perlombaan dengan sebaik-baiknya, dengan menampilkan performa terbaiknya.

“Nanti pemenang juara I dari tingkat remaja akan kita kirimkan untuk mewakili Lampung Selatan dalam lomba qasidah tingkat Provinsi Lampung. Ibu-ibunya yang menang nanti jika ada lomba di kabupaten lain, akan kita turut sertakan juga mewakili Lampung Selatan,” tuturnya.
(amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini