Banyak Pejabat di Pemkab Lamtim tak Kompetensi

0
557
Kepala PMD Lampung, Timur, Yudi Irawan saat mengikuti Evkin, Selasa (21/2/2023). (Firdaus)

LAMPUNG TIMUR, WARTAALAM.COM – Banyak pejabat di Pemerintahan Kabupaten Lampung Timur (Pemkab Lamtim) tak kompetensi,
di antaranya, Dinas PUPR, Peternakan Perikanan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian.

Menurut Ass II Bidang Administrasi Pembangunan Kabupaten Lampung Timur, HM Yusuf, Senin (20/2/2023), di ruang kerjanya, banyak pejabat eselon II yang tidak kompeten pada jabatan tekhnis tersebut.

Dia mengatakan, hal tersebut harus dikaji kembali dan kembalikan jabatan kepada ahlinya.

“Memang kalau kita lihat Lampung Timur saat ini masih banyak yang tidak kompetensi, contoh Dinas Pertanian, Peternakan, dan PU PR. Sebaiknya, OPD itu diisi ahlinya karena itu jabatan tekhnis, harusnya diisi orang-orang sesuai basic-nya,” kata.

Diketahui, saat ini ada satu pejabat eselon II sedang menjalani evaluasi kinerja (Evkin). Hal itu dilakukan atas dasar Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS. Teruang dalam pasal 142 di antaranya, berbunyi : pejabat pimpinan tinggi pratama harus memenuhi target kinerja tertentu, sesuai perjanjian kinerja.

Evkin tersebut, kata dia, dapat terlaksana juga berdasarkan rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Evkin dilakukan tentu ada sebabnya, tapi saya tidak dapat memberikan penjelasan apa saja penyebabnya,” kata dia.

Pada bagian lain, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Lampung Timur yang saat ini tengah menjalani Evkin, Yudi Irawan, mengaku taat dan mengikuti apa yang sudah dilakukan atasannya.

Kepada awak media, Yudi Irawan mengaku OPD yang dipimpinnya saat ini telah banyak yang dicapai, di antaranya, tahun anggaran 2022, desa maju meningkat dari tahun sebelumnya tahun 2021 ada 19 desa, di tahun 2022 menjadi 96 desa.

Dan sekira 77 desa berkembang, statusnya meningkat menjadi desa maju.

Atau sekira 36 persen dari jumlah desa se- Lampung Timur.

“Tahun 2022 juga kami berhasil merubah dan mengangkat status empat desa menjadi desa mandiri, tahun yang sama juga kami meraih dua penghargaan nasional dalam peringatan HUT Bumdes Nasional,” katanya. (fir)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini