Musrenbang Katibung, Bupati Lamsel Ajak Semua Elemen Ciptakan Generasi Unggul

0
282

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM – Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang Ermanto mengajak semua elemen masyarakat berpartisipasi aktif menciptakan generasi unggul.

Menurut Nanang saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD 2024, di Kecamatan Katibung yang digelar di Lapangan SMPN 1, Desa Tanjung Agung, Rabu (8/2/2023), saat ini pemerintah kabupaten (pemkab) setempat terus berupaya memberikan perhatian dalam mencetak generasi unggul.

Upaya tersebut, kata dia, lahir dari sektor kesehatan dan sektor pendidikan.

“Pembangunan tidak hanya dilihat dari infrastruktur, namun juga kita harus sama-sama menyiapkan sumber daya manusia yang unggul, produktif, dan berdaya saing,” ujarnya.

Menurut dia, melalui berbagai gerakan yang telah dilakukan seperti Swasembada Gizi, Swasembada Sekolah, Swasembada WC hingga Swasembada Rumah, dirinya optimistis memajukan kabupaten itu.

Hal tersebut sejalan dengan tema Musrenbang tahun ini “Pemantapan Daya Saing dan Pembangunan Sumber Daya Manusia yang Unggul dengan Semangat Gotong Royong”.

“Swasembada Gizi Lamsel sudah diakui secara nasional. Swasembada artinya bergotong royong, mari kita bersama-sama ikut berpartisipasi mewujudkan Kabupaten Lampung Selatan yang sejahtera,” kata dia.

Camat Katibung Firdaus Adam mengatakan, untuk mengembangkan sumber daya daya manusia yang unggul, investasi pemerintah harus diprioritaskan pada peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan.

Menurut dia, sebagai kecamatan yang memiiki posisi strategis, Katibung meliputi 12 desa dengan jumlah sekolah 39 tingkat SD, 11 tingkat SMP, dan 7 tingkat SMA.

“Dan bantuan yang diterima Kecamatan Katibung untuk sektor pendidikan tahun 2022 sekira Rp676 juta,” ujarnya.

Besaran anggaran itu, kata Firdaus, bersumber dari pagu anggaran Dana Desa (DD) dan ADD tahun 2022 sekira Rp16, 8 miliar.

Sementara pagu DD dan ADD tahun 2023 yang digelontorkan Pemkab Lampung Selatan sekira Rp14 miliar, katanya. (amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini