23.3 C
Bandar Lampung
Sabtu, Januari 28, 2023
spot_img
BerandaDaerahKembangkan Desa Wisata, Universitas Gunadarma Jajaki Kerja Sama dengan...

Kembangkan Desa Wisata, Universitas Gunadarma Jajaki Kerja Sama dengan Pemkab Lamsel

 40 dilihat

LAMPUNG SELATAN – WARTAALAM.COM – Universitas Gunadarma menjajaki kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan (Pemkab Lamsel) tentang pengembangan desa wisata unggulan yang ada di bumi Khagom Mufakat.

Pengembangan desa wisata unggul tersebut nantinya akan dilakukan dalam bentuk penelitian dan pengabdian masyarakat. Sasaran utamanya Desa Srikaton, Kecamatan Tanjung Bintang dan Desa Way Kalam, Kecamatan Penengahan.

Hal itu terungkap dalam audiensi antara Akademisi Universitas Gunadarma bersama Pemkab Lampung Selatan yang dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Thamrin beserta jajaran di ruang kerja Sekda, kantor bupati setempat, Selasa (28/12/2021).

Turut hadir Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemkab Lampung Selatan Mulyadi Saleh, beserta Kepala Dinas Lingkungan Hidup Daerah Feri Bastian, Plt. Kepala Bagian Kerja Sama Saripudin beserta pejabat terkait lainnya.

Sementara dari pihak Gunadarma, hadir Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama Prof. Dr. Didin Mukodim, M.M., Ketua Program Studi S2 Ilmu Komunikasi Dr. Edy Prihantoro, M.I.Kom., MMSI, Dosen/UGTV Iqbal Al Khazim, S.I.Kom., M.M., dan Evan Sektiandi, S.T., M.I.Kom.

Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama Universitas Gunadarma Didin Mukodim mengatakan, perjanjian kerja sama itu untuk menjalankan Tri Dharma perguruan tinggi. Yakni, pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat.

“Keberadaan kami di sini dalam rangka menjembatani, yaitu membangun sinergi dan membentuk kerja sama antara Universitas Gunadarma dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan. Mudah-mudahan kedatangan kami ini diterima dengan baik,” ujarnya.

Didin Mukodim mengatakan, penelitian dan pengabdian masyarakat tersebut akan dipusatkan pada sektor pariwisata. Kemudian, nantinya akan dilaksanakan pembinaan kepada masyarakat sekitar yang desanya menjadi objek pengembangan wisata.

“Untuk Tri Dharma Perguruan Tinggi, dalam pengabdian masyarakat itu kami juga ingin memberikan pelayanan. Hal itu dibuktikan apabila ada kerja sama, apakah bentuknya magang atau hal lain dalam rangka kampus merdeka,” katanya.

Dia berharap, dengan terjalinnya kerja sama antara Universitas Gunadarma dan Pemkab Lampung Selatan, dapat menghasilkan kolaborasi yang baik sehingga ke depan mampu memberikan dampak yang baik pula bagi seluruh elemen masyarakat.

Mudah-mudahan dengan Pemda bisa menjadikan kolaborasi yang baik, sehingga mahasiswa dan dosen selain melakukan penelitian juga melakukan pengabdian masyarakatnya. Bukan hanya sekarang tapi juga untuk ke depan, ujarnya.

Sementara, Sekda Kabupaten Lampung Selatan Thamrin menyambut baik kerja sama yang dilakukan antara Universitas Gunadarma dan Pemkab Lampung Selatan.

Dia berharap, kerja sama yang dilaksanakan dalam bentuk penelitian dan pengabdian masyarakat itu, akan berdampak baik terhadap perkembangan wisata di daerahnya.

Terlebih, hal itu sejalan dengan visi dan misi bupati Lampung Selatan yang ingin terus memaksimalkan potensi sumber Daya Alam (SDA) melalui pengembangan sektor pariwisata.

Melalui pengajaran, teknologi apalagi ada technopark dan lain sebagainya, apabila bisa diterapkan, sangat luar biasa. Ini bisa mendukung pembangunan di Kabupaten Lampung Selatan, ujarnya. (hen/rif/kmf)

spot_imgspot_img

Berita Terkait

Pemkab Lamsel dan Kejari Teken MoU Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik dan Bantuan Hukum

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM - Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan (Pemkab...

Ketua DPRD Lamtim Pastikan 2023 Sekira 112 Desa Laksanakan Pilkades

LAMPUNG TIMUR, WARTAALAM.COM - Sekira112 desa di Lampung Timur...

Rusia: Pengiriman Tank Bukti NATO Terlibat

MOSKOW, WARTAALAM.COM - Rusia menilai keputusan negara-negara Eropa dan...

Bawaslu Lamsel : Rekrutmen Petugas Pantarlih Harus Profesional

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM - Komisioner Divisi Badan Pengawas Pemilu...
spot_img
Semua Negara
674,479,016
Total kasus terkonfirmasi Kasus Covid
Updated on January 27, 2023 11:52 pm

Langganan Berita

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini