Duta Swasembada Gizi Lamsel Berikan Tali Asih dan Jaminan Kesehatan kepada Penderita Kanker

0
92

LAMPUNG SELATAN – WARTAALAM.COM – Duta Swasembada Gizi Lampung Selatan (Lamsel), Winarni Nanang Ermanto mengunjungi rumah Sukinah (67), warga Desa Bandar Rejo, Kecamatan Natar, Lampung Selatan yang membutuhkan bantuan pengobatan lantaran mengidap kanker tulang dan kebutaan, Jumat (15/10/2021).

Sejak 9 tahun lalu, Mbah Sukinah (sapaannya) mengidap penyakit tersebut dan telah melakukan pengobatan medis maupun pengobatan tradisional, namun kondisinya tak kunjung membaik.

Melalui medis, pihak dokter yang menangani telah menyarankan untuk melakukan operasi besar pada kaki sebelah kirinya dengan melakukan amputasi untuk mencegah penyebaran kanker tersebut.

Ardi tenaga medis yang selalu mengunjungi rumah Mbah Sukinah mengatakan, Mbah Sukinah sudah melakukan operasi besar diamputasi, namun saat ini penglihatannya mulai hilang karena keterbatasan ekonomi.

“Mbah sekarang hanya melakukan pengobatan di rumah, terkadang saya yang datang ke rumahnya,” katanya.

Pada kunjungan itu, Duta Swasembada Gizi Winarni memberikan bantutan sembako dan tali asih kepada Sukinah, serta bantuan dari Dinas Kesehatan Lamsel berupa kartu jaminan kesehatan kepadanya.

“Diterima ya mbah bantuan dari kami, ini ada titipan juga dari bapak bupati untuk mbah dan keluarga. Semoga bermanfaat dan berkah,” katanya.

Saat ini, Mbah Sukinah tinggal bersama kedua anaknya, Kabul (43) dan Tekat (39), suaminya sudah meninggal dunia dua tahun.

Sedangkan anaknya Kabul dan Tekat mengalami cacat mental dan tidak bisa berjalan sejak lahir, hanya berbaring dan duduk saja.

Atas bantuan yang diterimanya, Mbah Sukinah menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah.

“Terimakasih bantuannya, terima kasih sudah mengunjungi saya dan keluarga. Sampaikan salam saya untuk pak Nanang, semoga pak Nanang bisa mampir kesini,” ujarnya.

Rumah yang ditempati mbah Sukinah saat ini bentuk keperdulian dan gotong-royong warga desa setempat. (hen/rif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini