25.1 C
Bandar Lampung
Selasa, September 27, 2022
spot_img
BerandaDaerahProduksi Kopi Petani Lampung Barat Naik Sampai 2 Ton...

Produksi Kopi Petani Lampung Barat Naik Sampai 2 Ton Lebih

 7 dilihat

Bandar Lampung, Wartaalam.com – Sejumlah petani kopi di Kabupaten Lampung Barat mampu meningkatkan produksi hingga lebih dari 2 ton per hektare dalam sekali panen.

“Tahun ini kami memang ada peningkatan jumlah produksi kopi di sini,” ujar petani yang juga pegiat kopi Lampung Barat Ahmad saat dihubungi dari Bandar Lampung, Kamis (26/8/2021).

Ia mengatakan, dari 200 petani yang tergabung dalam 10 kelompok yang dibina secara sukarela, telah ada beberapa yang mampu memproduksi green beans hingga lebih dari 2 ton per hektare.

“Ada satu petani ada yang sudah menghasilkan 4 ton satu hektare ini jadi bonus untuk kami, dan ada sekitar 10 orang yang sudah mencapai 2 ton. Sebab di Lampung ini produksi rendah hanya 0,9 sampai 1 ton per hektare,” katanya.

Menurutnya, untuk meningkatkan produksi sesama petani kopi di Kabupaten Lampung Barat dirinya aktif bertukar ilmu mengenai perawatan kopi yang lebih intensif dan terukur.

Teknik budi daya kopi dengan memberi kiat memelihara tunas, lalu menghitung target buah per pohon berapa kilogram, sehingga dengan program produksi minimal 2 ton teman-teman petani bisa termotivasi untuk berproduksi, ujar dia.

Dia mengatakan, dengan rata-rata produksi petani yang mampu berproduksi di atas 2 ton dapat membantu menyejahterakan kehidupan petani.

“Kami memang masang target 2 hingga 3 tahun ke depan 25 persen dari total 200 petani dapat panen di atas 2 ton, agar dengan produktivitas tinggi kopi Lampung Barat dan petani pun bisa semakin dikenal dan sejahtera,” ujarnya.

Hal serupa juga dikatakan seorang petani di Desa Mekar Sari, Lampung Barat Nurrokhim.

Dia mengatakan, dirinya kini telah mampu memproduksi biji kopi hijau dengan estimasi sekitar 3 hingga 4 ton per hektare.

Lahan kopi sekitar 1,1 hektare, produksi sekira 3 hingga 4 ton, ini bisa naik karena proses pemupukan, dan perawatan pohon kopi dari tunas hingga berbuah dilakukan dengan intensif serta tepat, ujarnya.

Di Provinsi Lampung total luas lahan perkebunan kopi mencapai 156.918 hektare dengan jumlah total produksi mencapai 117.092 ton. (nov)

Berita Terkait

Pekon Sukamulya Bagikan BLT DD Tahap II Tahun 2022

PRINGSEWU, WARTAALAM.COM - Pemerintahahan Pekon Sukamulya, Kecamatan Banyumas, Kabupaten...

KPK RI Kampanyekan Anti Korupsi Sejak Dini di Lamsel

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI...

10 Penyandang Disabilitas di Pringsewu Ikuti Pelatihan Membatik

PRINGSEWU, WARTAALAM.COM - Sekira 10 penyandang disabilitas di kabupaten...

Keuangan Lampung Timur Dipertanyakan

LAMPUNG TIMUR, WARTAALAM.COM - Beberapa waktu lalu, Kas Daerah...
spot_img
Semua Negara
620,794,172
Total kasus terkonfirmasi Kasus Covid
Updated on September 27, 2022 10:33 am

Langganan Berita

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini