Koordinator Kotaku Pringsewu Donorkan Plasma Konvalesen

0
115

PRINGSEWU – WARTAALAM.COM – Wakil Bupati Pringsewu, Lampung Fauzi, kembali memanggil warga Bumi Jejama Secancanan, yang telah sembuh dari Covid-19 untuk menyedekahkan plasma konvalesen, untuk menolong meraka yang terpapar Covid-19.

Fauzi, ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pringsewu, saat mendampingi para pendonor plasma konvalesen, di antaranya Koordinator Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Kabupaten Pringsewu Muhammad Ridwan dan Jefri Kikim, warga Kecamatan Pringsewu, didampingi Duta Donor Darah Provinsi Lampung HL Silalahi di PMI Provinsi Lampung di Bandar Lampung, Jumat (23/7/21), mengatakan, bagi warga Pringsewu yang lain, yang juga terpanggil untuk mendonorkan plasma konvalesen, dapat menghubungi PMI Kabupaten Pringsewu, pihaknya akan memberikan fasilitas antar-jemput untuk proses donor ke PMI Provinsi Lampung.

Bahkan, bagi warga Pringsewu yang mendonorkan plasma konvalesen akan diberikan dana bantuan Rp 250 ribu per-orang, katanya.

Namun demikian, mereka yang dapat menjadi pendonor plasma konvalesen ini harus memenuhi beberapa kriteria, diantaranya status kesembuhannya paling cepat 2 minggu dan paling lama 6 bulan sejak dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Kemudian yang utama adalah pria, akan tetapi jika pendonor seorang wanita, dipastikan belum pernah hamil.

“Serta dalam kondisi yang betul-betul sehat yang dibuktikan dengan hasil pemeriksaan dokter secara komprehensif. Kemudian perlu diketahui bahwa untuk donor plasma konvalesen ini bisa dilakukan secara berulang dengan jarak waktu dua minggu dari saat melakukan donor yang pertama, katanya.

Dengan pemberian plasma konvalesen, yakni plasma darah yang diambil dari penyintas Covid-19 yang di dalamnya terdapat antibodi terhadap virus Covid-19, kata Fauzi, pasien penerima plasma bisa mendapat kekebalan secara instan sehingga dapat mempercepat penyembuhan Covid-19.

Setelah Wakil Bupati Pringsewu dan Ketua PMI Kabupaten Pringsewu Fauzi me-woro-woro sekaligus memberikan contoh kepada warga dengan menjadi pendonor plasma konvalesen di PMI Provinsi Lampung beberapa hari lalu, sejumlah warga penyintas Covid-19 mengutarakan keinginannya membantu warga yang terpapar Covid-19 dengan mendonorkan plasma konvalesen. (ade)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini