Sekda Pringsewu Beri Arahan Soal Dana Desa

0
116

PRINGSEWU – WARTAALAM.COM – Sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu, Lampung, Heri Iswahyudi
memberi pengarahan kepada kepala pekon se Kecamatan Pardasuka terkait Pengelolaan Dana Desa tahun anggaran 2021.

Hadir pada kegiatan di Aula Kecamatan Pardasuka, Rabu (27/1/2021) itu
plt. Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Malian Ayup, Sekretaris Inspektorat Yanuar Haryanto, Kabid Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappeda Christianto Hariadinata Sani, Kabid Pemberdayaan Masyarakat Dinas PMP Kasmini,
Camat Pardasuka Titik Puji Lesatari, serta kepala pekon dan perangkat pekon se-kecamatan tersebut.

Menurut Heri Iswahyudi, camat dan para kepala pekon harus memperhatikan hal-hal terkait holistik integratif, olahraga, lingkungan, dan juga kesehatan.

Mengenai pengelolaan anggaran dana desa (ADD), dia mengatakan secepatnya jajaran kecamatan mengkelola dengan sebaik-baiknya dan juga harus berdasarkan aturan-aturan yang berlaku, agar tidak terjadi temuan yang akan berimbas kepada seluruh jajaran.

Dia berharap pada perencanaan pekon bisa menganggarkan progaram kesenian dan budaya daerah setempat sesuai aturan yang ada.

“Para pendamping juga saya harapkan turut mendampingi agar pengelolaan dana desa/pekon berjalan dengan baik dan sesuai aturan yang berlaku, tujuannya supaya dapat dipertanggungjawabkan dan semua menjadi lebih baik,” ujar Heri Iswahyudi.

Dia meminta sekaligus menyampaikan kepada camat dan para kepala pekon untuk memperhatikan terkait hal holistik integratif, sebagai kewajiban mendukung dan mendorong pengembangan anak usia dini, dari segi kesehatan, gizi dan pendidikan secara menyeluruh terpadu, untuk menyelamatkan anak-anak dari kesulitan pada tahun-tahun berikutnya.

Untuk olahraga, jajaran kecamatan dan juga Dispora Kabupaten Pringsewu mendukung anak-anak yang mempunyai kelebihan di bidang olahraga apapun.

Soal kesehatan, katanya, warga harus menjaga kebersihan lingkungan dan rumah supaya terhindar dari penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dan penyakit lainnya, serta membangun drainase agar terhindar dari banjir.

Sistem keamanan lingkungan juga harus diperhatikan, supaya lingkungan terhindar dari segala tindak kejahatan.

Di masa pandemi Covid-19 dan perubahan cuaca yang tidak menentu, masalah kesehatan menjadi prioritas, dan warga diharapkan tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) yang berlaku, ujar Heri Iswahyudi. (ade)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini