28.7 C
Bandar Lampung
Jumat, September 30, 2022
spot_img
BerandaDaerahCalon Wali Kota Firmansyah, Belajar Daring Ciptakan Kreativitas Belajar

Calon Wali Kota Firmansyah, Belajar Daring Ciptakan Kreativitas Belajar

 16 dilihat

BANDAR LAMPUNG – WARTAALAM.COM, Calon Wali Kota Bandar Lampung Dr. (Can) Firmansyah Y. Alfian, MBA., M.Sc, meminta orangtua dari pelajar dan mahasiswa untuk tidak cemas dengan prestasi anaknya karena belajar di rumah, akibat pendemi Virus Corona. Firmansyah menjelaskan, belajar secara e-learning justru meningkatkan kreativitas belajar pelajar dan mahasiswa.

“Sekarangkan teknologi sudah sangat canggih dan memungkinkan pelajar dan mahasiswa yang notabene kaum milenial bisa lebih berkreativitas dengan belajar melalui online. Apalagi, guru atau dosen tetap memandu siswa dan mahasiswa belajar dengan memberikan materi yang sama dengan tatap muka di kelas,” kata Firmansyah, Selasa (31/3/2020).

Menurut Bang Firman—panggilan akrab Firmansyah–World Health Organization (WHO) sendiri telah menetapkan penyakit akibat virus Corona sebagai pandemi global. Hal ini berarti penularan dan ancamannya telah melampaui batas-batas antarnegara.

“Kewaspadaan berbagai negara dan masyarakat internasional pun semakin memuncak. Pemerintah pusat sudah proaktif mengikuti usulan daerah agar pelajar dan mahasiswa belajar dari rumah. Sehingga, orangtua pun harus mendukung pembelajaran anak-anaknya secara dalam jaringan (daring) di rumah),” kata Bang Firman.

Calon wali kota yang berpasangan dengan Prof. Dr. Ir. Bustomi Rosadi, M.S, itu juga menjelaskan Kemendikbud juga sudah mengembangkan aplikasi pembelajaran jarak jauh berbasis portal dan android Rumah Belajar. Portal Rumah Belajar dapat diakses di belajar.kemdikbud.go.id.,” kata dia.

Untuk di Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya sendiri, kata dia, pihaknya sudah menerapkan pembelajaran secara e-learning sejak lama. “Kalau pun terkendala kuota internet, beberapa provider sudah memberikan kuota gratis untuk pembelajaran online, jadi jangan dibuat susah,” kata Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Lampung itu.

Firmansyah juga menjelaskan, beberapa fitur unggulan yang dapat diakses oleh peserta didik dan guru/dosen selama sekolah dan kampus diliburkan di antaranya Sumber Belajar, Kelas Digital, Laboratorium Maya, dan Bank Soal. Rumah Belajar dapat dimanfaatkan oleh siswa dan mahasiswa serta tenaga pendidik untuk tetap melaksanakan proses belajar mengajar. (**)

Berita Terkait

Hari Kedua Roadshow di Lamsel, KPK Edukasi Satuan Pendidikan

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM - Pelaksanaan hari kedua Roadshow Bus...

Pekon Totokarto Gelar Musrenbangdes Tahun Anggaran 2023

PRINGSEWU, WARTAALAM.COM - Pekon (desa) Totokarto, Kecamatan Adiluwih, Kabupaten...

Pemkab Lamtim Kangkangi Perbup

LAMPUNG TIMUR, WARTAALAM.COM - Alokasi Dana Desa (ADD) Pemerintah Kabupaten...

Keuangan Bermasalah Pemkab Lamtim Lempar Bola ke Kominfo

LAMPUNG TIMUR, WARTAALAM.COM - Tidak dapat merealisasikan kewajibanya merupakan...
spot_img
Semua Negara
622,545,290
Total kasus terkonfirmasi Kasus Covid
Updated on September 30, 2022 9:22 am

Langganan Berita

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini