Tubaba Raih Swasti Saba Kabupaten Sehat 2019

0
651

PANARAGAN, TUBABA, WARTAALAM.COM — Akhirnya kabar gembira itu datang, Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) ditetapkan menjadi salah satu Kabupaten Sehat bersama beberapa Provinsi dan Kabupaten/Kota lainnya di Indonesia. Setelah sebelumnya dilakukan penilaian oleh Tim Verifikasi dari Kementerian pada 14 September lalu atas penyelenggaraan program Kabupaten/Kota Sehat (KKS).

Hasil dan penetapan Kabupaten Sehat tersebut tertuang melalui radiogram dari Kementerian Dalam Negeri Nomor : 080/12558/SJ tertanggal 8 November 2019. Penyelenggaraan Kabupaten Kota Sehat (KKS) merupakan program bersama Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan.

Pemberian penghargaan Swasti Saba kategori Padapa Kabupaten Sehat 2019 tersebut akan dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian kepada Bupati Tubaba Umar Ahmad bersama sejumlah kepala daerah lain di Indonesia pada Selasa, 19 November 2019 di Ruang Sasana Bhakti Praja, Kemendagri, Jl. Merdeka Barat Utara No. 7  Jakarta Utara.

Ketua Forum Tubaba Sehat, Elia Sunarto, Kamis (14/11/2019) mengatakan, keberhasilan yang diraih ini merupakan hasil kerja keras semua komponen yang terlibat dan menjadi kebanggaan karena anugerah penghargaan ini yang pertama dan baru pertama kali diikuti oleh Tubaba. Forum Tubaba Sehat sebagai penyelenggara menggaet sejumlah komunitas masyarakat yang memiliki kepedulian dan tetap bergerak di masyarakat.

“Penghargaan ini tidak akan teraih tanpa komitmen Pemerintah Daerah dan dukungan OPD terkait serta kebersamaan rekan-rekan jejaring di lapangan,” ujar Elia Sunarto.

Menurut Elia Sunarto, Bappeda, Dinas Kesehatan, Dinas PUPR dan Dinas Lingkungan Hidup sudah memberikan dukungan maksimal. Kebersamaan para Camat, Pimpinan Puskesmas beserta jajarannya, Kepalo Tiyuh dan rekan-rekan kader serta organisasi mereka memberi andil besar dalam pencapaian ini.

“Kami memiliki kekuatan kader-kader sanitasi berdedikasi, ada relawan Pemuda Peduli Sanitasi (PPS) dan Wirausaha Sanitasi Puskesmas Candra Mukti yang dibina oleh Puskesmas Candra Mukti Kecamatan Tulang Bawang Tengah”, kata Ketua Forum Tubaba Sehat, Elia Sunarto.

Dengan keberhasilan ini kabarnya, Bappeda berencana memasukkan Dinas Pariwisata sebagai Tim Pembina sehingga hasil ini dapat ditingkatkan untuk mengikuti KKS tahun 2021 untuk dapat meraih Swasti Saba Wiwerda. (ES.007)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini