Antisipasi Krisis Ekonomi Global, Kabinet Ekonomi Jokowi Harus Tangguh

0
351

JAKARTA, WARTAALAM.COM — Krisis ekonomi global yang melanda sampai saat ini cukup mengkhawatirkan berbagai negara di dunia termasuk Indonesia. Terbukti bahwa krisis ekonomi global dapat mempengaruhi harga di berbagai sektor dan juga nilai tukar rupiah.

Anggota DPR RI periode 2019-2024 Junaidi Auly mengatakan kabinet yang disusun pak Jokowi di bidang perekonomian bukan saja harus bisa mengantisipasi dampak pelemahan ekonomi global, tapi juga lebih responsif terhadap dinamika kondisi ekonomi global.

“Saya berharap pak Jokowi menetapkan tim ekonomi dalam kabinetnya yang mampu menjawab tantangan ekonomi global saat ini, harus ada inovasi kebijakan dan langkah yang nyata, namun tentunya tetap memperhatikan relevansi” ujar Junaidi dalam rilis, Selasa, 22 Oktober 2019.

Legislator dapil Lampung II ini menilai pemerintah perlu melakukan evaluasi terhadap kebijakan-kebijakan ekonomi dari masa kerja sebelumnya, sehingga tim kabinet yang akan datang dapat membawa ekonomi nasional yang lebih baik.

Menurut data yang dilansir IMF, pertumbuhan ekonomi secara global tahun 2019 dari 3,2 persen menjadi 3,0 persen akibat perang dagang China-Amerika. Pada 2020, IMF juga memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia dari 3,5% menjadi 3,4%.

“Pemerintah harus hadir dalam rangka mengantisipasi krisis ekonomi global, karena kemungkinan-kemungkinan tersebut bisa terjadi, apalagi ancaman perlambatan ekonomi nasional kini semakin menguat” kata Junaidi. (rls)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini