24.4 C
Bandar Lampung
Sabtu, September 24, 2022
spot_img
BerandaHukum & KriminalKantor LBH Medan Dilempar Bom Molotov

Kantor LBH Medan Dilempar Bom Molotov

 11 dilihat

Medan, WARTAALAM.COM — Kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan di Jalan Hindu Nomor 13, Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat, Medan, Sumatera Utara, dilempar bom molotov oleh orang tak dikenal pada Sabtu (19/10).

Wakil Direktur LBH Medan, Irvan Sahputra menceritakan kantor mereka diserang oleh orang tak kenal (OTK) dengan menggunakan bom molotov pada Sabtu (19/10/2019) sekitar pukul 02.30 WIB dinihari.

Penyerangan ini, kali pertama diketahui oleh Cleaning Service (CS), Dony Harahap yang saat itu berada di dalam kantor dan mendengar ada keributan diluar kantor.

“Bom molotov dilempar di atas atap LBH Medan dan Dony langsung keluar. Ada dua titik dan kami dibantu masyarakat turut membantu memadamkan api,” ujarnya seraya menyatakan tidak ada korban dalam kejadian ini.

Akibatnya, kerusakan terjadi di bagian atap kantor itu. Api menyala di bagian atas dekat papan nama LBH Medan beredar di media sosial. Peristiwa ini menjadi tonton pengguna jalan dan warga sekitar.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini dan api dapat dipadamkan sehingga tidak membakar gedung itu.

kata Irvan, ini merupakan aksi teror yang sangat keji dan tidak bisa dibiarkan sehingga pihak LBH Medan meminta kepada pihak kepolisian khususnya Polda Sumut dan jajarannya untuk mengusut tuntas kasus ini.

Direktur LBH Medan Ismail Lubis mengatakan, pelemparan juga pernah terjadi di Literacy Coffee pada 12 Okotober 2019 sekitar pukul 03.00 WIB. Akibatnya, kaca jendela kafe tersebut pecah.

Di kafe tersebut, sering menjadi tempat berkumpul para aktivis.

“Peristiwa ini menunjukkan adanya oknum-oknum yang ingin mencelakai atau meneror aktivis, khususnya aktivis HAM,” katanya.

“Bagi kami ini merupakan teror terhadap penegakan HAM,” kata Kepala Divisi Buruh dan Miskin Kota LBH Medan, Maswan, kepada wartawan, Sabtu.

Ia menyebutkan, mereka telah melaporkan kejadian ini ke polisi. “Kami berharap kasus ini bisa diselidiki mendalam. Siapa pelaku dibalik dugaan teror ini juga harus diungkap ke publik,” katanya.

Pihak Polrestabes Medan melakukan penyelidikan terkait kasus pelemparan bom molotov di kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Kota Medan yang berada di Jalan Hindu.

Kasat Reskrim Polrestabes Medan Kompol Eko Hartanto mengatakan pihaknya sedang melakukan Lidik terkait pelemparan bom molotov.

“Saat ini kita sudah periksa tiga saksi terkait pelemparan bom molotov di dua titik, persis di atas pamflet Lembaga Bantuan Hukum Medan,” katanya di LBH Medan, Sabtu (19/10/2019).

Ia mengaku, pihaknya sudah melakukan pengecekan CCTV yang ada diseputaran lokasi pelemparan. Hasil dari CCTV tersebut pihaknya melihat ada dua orang yang mengendarai sepeda motor melakukan pelemparan.

“Kita akan dalami hasil rekaman CCTV tersebut. Semoga bisa terungkap,”ujarnya.

Orang nomor satu di Sat Reskrim Polrestabes Medan ini juga menyatakan pihak INAFIS juga sudah melakukan identifikasi tempat kejadian perkara (TKP).

“Mohon doanya biar terungkap,” katanya. (dbs)

Berita Terkait

BaKamLa Republik Indonesia Penyuluhan Hukum di Lansel

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM - Badan Keamanan Laut (BaKamLa) Republik...

Paripurna Pemandangan Umum PKS dan Demokrat Lamtim Tolak Kenaikan BBM

LAMPUNG TIMUR, WARTAALAM.COM - Paripurna DPRD dalam penyampaian pandangan...

Hasil Uji Poligraf : Tiga Tersangka Pembunuhan Brigadir J Berkata jujur

JAKARTA, WARTAALAM.COM - Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim...

Kenaikan Harga BBM, Polres Lamtim Terjunkan 30 Personel Amankan SPBU

LAMPUNG TIMUR - WARTAALAM.COM - Polres Lampung Timur (...
spot_img
Semua Negara
619,846,275
Total kasus terkonfirmasi Kasus Covid
Updated on September 24, 2022 3:29 pm

Langganan Berita

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini