29.2 C
Bandar Lampung
Senin, November 28, 2022
spot_img
BerandaDaerahPuskesmas Marga Kencana Bahas ODF dan Komitmen Meningkatkan Layanan...

Puskesmas Marga Kencana Bahas ODF dan Komitmen Meningkatkan Layanan Kesehatan

 61 dilihat

Tubaba, WARTAALAM.COM – Puskesmas Marga Kencana Kecamatan Tulang Bawang Udik Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) undang mitra kerja dalam rangka Lokakarya Mini Lintas Sektor Bidang Kesehatan. Lokakarya memfokuskan pada program penanganan perilaku Buang Air Besar Sembarangan atau Open Defecation Free (BABS/ODF), UKS dan kegiatan pelayanan kesehatan baik yang dilakukan dalam gedung maupun di luar gedung di lingkup kerja Puskesmas Marga Kencana. Demikian disampaikan Kepala UPTD Puskesmas Marga Kencana, Purbosisworo, SKM dalam sambutannya dihadapan peserta lokakarya. Rabu (9/9/2019).

Peserta kegiatan tersebut adalah Uspika setempat (Koramil, Polsek dan Camat), Camat Tulang Bawang Udik, Tausin SG, S. Sos., MM ditengah kesibukannya berkenan menyempatkan hadir meski datang terlambat, dari 4 tiyuh (desa) yang ada di wilayah binaan Puskesmas Marga Kencana; satu kepalo tiyuh hadir, satu berwakil dan dua absen. Tampak hadir KUA TBU, PLKB Afrita Wati, SE, Korwas TBU Hj Rumayah, S. Pd, Kepala SD, SMP, SMA dan kader se- wilayah binaan Puskesmas Marga Kencana.

Kepala Dinas Kesehatan Tubaba, Perana Putera SH,. MH diwakili Kabid Kesehatan Masyarakat, Wahyudi Alamsyah SKM, dari Forum Tubaba Sehat hadir Tessyana Tirta Sanjaya dan Jumirah mewakili Ketua, Elia Sunarto yang kebetulan ada kegiatan serupa di Puskesmas Mulyo Asri.

Pada kesempatan itu, Kepala SDN 1 Marga Kencana minta segera diterbit MoU untuk kegunaan akreditasi di sekolahnya. Kepala Tiyuh Gedung Ratu, Mursalin yang juga hadir, mengusulkan penempatan petugas kesehatan tetap atau bidan desa di wilayahnya. Persoalan gizi buruk, stunting, TB paru, ODGJ, STBM di sekolah, dan penanggulangan penyakit menular dan tidak menular juga menjadi pembahasan di session tanya jawab.

Pihak Puskesmas Marga Kencana juga memaparkan target dan pencapaian yang telah dilakukan jajarannya. Purbosisworo menjelaskan, dari 4 tiyuh yang ada di wilayahnya baru Tiyuh Marga Kencana yang sudah ODF.

“Segera disusul Tiyuh Gedung Ratu yang sudah persiapan deklarasi ODF”, ungkap Purbosisworo.

“Kesiapan Tiyuh Gedung Ratu untuk ODF merupakan kabar menggembirakan, Pemkab Tubaba melalui Dinas Kesehatan tentu akan mensupport penuh Tiyuh Gedung Ratu sebagai kampung pribumi untuk ikut deklarasi ODF”, sambut Wahyudi Alamsyah.

Dedi Gunawan SJ, SKM, yang hadir mendampingi Kabid Kesehatan Masyarakat, menjawab pertanyaan peserta soal keluhan layanan Jampersal.

“Jampersal untuk tahun 2019 dihentikan sementara karena dana dari pusat telah terserap sepenuhnya, tahun 2020 akan dibuka kembali”, terang Kasie Kesling Kesjaor pada Dinas Kesehatan Tubaba ini.  (ES.007)

spot_imgspot_img

Berita Terkait

Sidokkes Polres Lampung Selatan Vaksin Covid-19 Rutan Way Huwi

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM - Sidokkes Polres Lampung Selatan melaksanakan...

Soal DD Braja Sakti Puluhan Warga Ngeluruk ke Pemda

LAMPUNG TIMUR, WARTAALAM.COM - Mempertanyakan laporan dugaan korupsi Dana...

Badan Karantina Pertanian akan Memacu Peningkatan Ekspor Kakao

BANDAR LAMPUNG, WARTAALAM.COM - Badan Karantina Pertanian akan memacu...

PMI Pringsewu Gelar Diklat PMR Tingkat Wira

PRINGSEWU, WARTAALAM.COM - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pringsewu...
spot_img
Semua Negara
646,262,679
Total kasus terkonfirmasi Kasus Covid
Updated on November 28, 2022 9:41 am

Langganan Berita

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini