TPID Lamsel Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Pekan Ketiga Januari 2024

0
32

Lampung Selatan, wartaalam.com – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah secara virtual meeting.

Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi pekan ketiga Januari tahun 2024 diikuti TPID Lampung Selatan melalui aplikasi zoom meeting dari Ruang Kabag Perekonomian Setdakab, Senin (15/1/2024).

Rapat dipimpin Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI), Tomsi Tohir.

Menurut dia, rakor inflasi yang diselenggarakan setiap Senin di setiap pekan tersebut bertujuan mengevaluasi perkembangan inflasi di dunia, nasional hingga daerah.

“Sebagai evaluasi kami. Oleh sebab itu, kami mohon penjelasannya tidak berulang dan kita fokus pada hal-hal penaikan harga dan mengantisipasi kenaikan inflasi,” ujar dia.

Sementara itu, Direktur Statistik Harga BPS RI, Windhiarso Putranto, menyampaikan mengenai tinjauan inflasi dan indeks perkembangan harga pada minggu kedua Januari 2024.

Windhiarso mengatakan, terjadi penurunan inflasi pada Januari 2024 dibandingkan dengan Desember 2023. Pada Januari terdapat penurunan permintaan transportasi.

Kemudian, penyebab inflasi di Januari masih dipengaruhi cabai merah, cabai rawit, daging ayam ras, ikan segar, minyak goreng dan beberapa komoditas pangan lainnya.

“Tingkat inflasi pada Januari relatif lebih rendah dibandingkan pada Desember. Ada berapa faktor yang mempengaruhi, seperti beberapa komoditas yang semakin berkurang konsumsinya,” katanya. (amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini