Polsek Gadingrejo Tangkap Tersangka Penadah Sepeda Motor

0
624

PRINGSEWU, wartaalam.com – Aparat Polsek Gadingrejo, Polres Pringsewu, Polda Lampung mengungkap kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang terjadi di Pekon Tambahrejo, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu, Rabu (27/12/2023).

Meskipun pelaku utama masih buron namun dalam operasi tersebut, polisi menemukan sepeda motor milik korban yang hilang dan menangkap seorang tersangka penadahan.

Kapolsek Gadingrejo, AKP Nurul Haq, yang mewakili Kapolres Pringsewu, AKBP Benny Prasetya mengatakan, pelaku penadahan barang hasil kejahatan, AS (35) warga Pekon Sinar Sekampung, Air Naningan, Tanggamus, diringkus di sebuah warung di Pekon Negeri Agung, Talang Padang, Tanggamus, Selasa (2/1/2024) sekira pukul 16.30 WIB.

Dari tangan tersangka , polisi menyita satu unit sepeda motor Honda Beat BE 6365 UQ milik korban yang plat nomor polisinya telah diganti dengan B 4028 FPD.

“Pelaku penadahan ini kami amankan saat hendak menjual kembali sepeda motor hasil curian tersebut,” ujar AKP Nurul Haq , Rabu (3/1/2024).

Menurut dia, dari hasil pemeriksaan, AS yang sehari-hari bekerja sebagai buruh tani seringkali menjualbelikan sepeda motor hasil pencurian.

Sepeda motor milik korban yang hilang dibeli seharga Rp 6 juta dari rekannya yang saat ini masih dalam pengejaran.

“Rencananya sepeda motor tersebut akan kembali dijual, dan dari kegiatan ini, pelaku mengaku akan mendapatkan keuntungan antara Rp 1 hingga Rp 1,5 juta,” ujarnya.

Dia mengatakan, pelaku akan dijerat dengan pasal 480 KUHP tentang penadahan dan/atau pasal 281 KUHP tentang penadahan sebagai kebiasaan, dengan ancaman hukuman hingga 7 tahun penjara.

Riyanto (48), pemilik sepeda motor yang ditemukan, mengaku senang dan mengapresiasi kinerja Polsek Gadingrejo atas terungkapnya kasus pencurian tersebut.

Ia berharap pihak kepolisian terus mengusut kasus itu hingga pelaku utamanya ditangkap dan menjalani proses hukum.

Menurut Riyanto, sepeda motor Honda Beat BE 6365 UQ miliknya hilang pada Rabu, 27 Desember 2023, sekira pukul 18.00 WIB, saat sedang diparkirkan di teras depan rumahnya.

Riyanto mengalami kerugian materi sekitar Rp 10 juta akibat kejadian tersebut. (pon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini