Polres Tanggamus Melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Krakatau 2023

0
48

TANGGAMUS, wartaalam.com – Polres Tanggamus melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Krakatau 2023, di Lapangan Pemkab Tanggamus, Kamis (21/12/2023).

Kapolres setempat, AKBP Siswara Hadi Chandra memimpin kegiatan dan diikuti sejumlah personel kepolisian, serta melibatkan unsur TNI dan instansi terkait.

Siwara Hadi Chandra mengatakan, pihaknya melaksanakan kegiatan tersebut dalam rangka pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2004.

“Kegiatan bertujuan pengecekan akhir kesiapan personel maupun kesiapan sarana prasarana dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru khususnya di Kabupaten Tanggamus,” katanya.

Menurut dia, Operasi Lilin Krakatau 2023 berlangsung 12 hari dari 22 Desember 2023 sampai 2 Januari 2024.

“Pusat pengamanan di seluruh tempat ibadah kemudian di lokasi wisata, termasuk jalur-jalur dan pusat keramaian,” ujarnya.

Menurutnya, operasi kali ini sedikit berbeda karena Nataru tahun 2023, sedikit istimewa, bertepatan dengan masa kampanye sehingga diperlukan sinergitas, kolaborasi komunikasi, koordinasi soliditas dari seluruh stakeholder untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Dia menghimbau, seluruh masyarakat yang akan melaksanakan ibadah tetap menjaga kamtibmas dan mematuhi peraturan berlalulintas. Pihaknya didukung segenap stakeholder yang ada siap mengamankan Natal dan Tahun Baru.

“Kepada saudara-saudaraku yang beragama Nasrani untuk melaksanakan ibadah dan bagi masyarakat yang akan melaksanakan wisata, silakan kunjungi lokasi- lokasi wisata di Kabupaten Tanggamus dan kami akan siap mengamankan perjalanan dan wisata Anda,” katanya.

Sementara itu, Kabag Ops Kompol Samsuri mengatakan, personel polres yang diterjunkan sekira106 orang ditambah kekuatan TNI kemudian mitra Polri, RAPI, Orari dan Pramuka.

Selanjutnya, berdasarkan pemetaan intelijen dari kerawanan pelayanan masyarakat, Polres Tanggamus juga mendirikan dua posko, Pos Pelayanan dan Pos Pengamanan.

“Pos Pelayanan ada di Rest Area Gisting karena di situ banyak gereja dan jamaah yang melaksanakan misa dan Natal serta Tahun Baru. Kemudian Pos Pengamanan ada di Terbaya karena di sana banyak tempat wisata,” katanya.

Menurut Samsuri, terkait pengamanan objek wisata juga akan dilakukan pengamanan, objek wisata prioritas Pospam dan yang tidak prioritas dilaksanakan pengaman gabungan personel polres dan polsek wilayah hukumnya. (pon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini