Dinas Pertanian Pringsewu Adakan Bimtek e-KPB

0
291

PRINGSEWU, WARTAALAM.COM – Dinas Pertanian Kabupaten Pringsewu menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Kartu Petani Berjaya Berbasis Elektronik (e-KPB) bagi Kelompok tani se – kabupaten tersebut.

Hadir sekura 150 kelompok tani dari berbagai Poktan. Kegiatan dilaksanakan di tiga tempat terpisah, Kecamatan Pagelaran, Kecamatan Sukoharjo dan Kecamatan Gadingrejo.

Selain itu hadir juga para penyuluh, Pejabat Fungsional Pertanian dan Operator Agung, dari staf bidang PSP Dinas KPPTH Provinsi Lampung

Menurut Sri Emilia, kabid PSP pada Dinas Pertanian Kabupaten Pringsewu, program e-KPB merupakan unggulan gubernur Lampung yang manfaatnya dapat dirasakan petani, di antaranya ketersediaan pupuk bersubsidi, kemudahan sarana dan prasarana pertanian (bibit, benih dan obat-obatan), serta kemudahanan dalam pemasaran hasil pertanian, kemudahan mendapatkan bantuan dari pemerintah mulai dari hulu sampai hilir, permodalan, asuransi dan beasiswa anak petani.

“Melalui bimbingan teknis e-KPB ini, semua warga khususnya petani bisa merasakan manfaatnya dari layanan-layanan yang ada dalam Program e-KPB tersebut,” katanya, Rabu (11/10/2023).

Menurut Sri, dalam rangka percepatan implementasi Program Kartu Petani Berjaya (KPB) tahun 2023, pemerintah terus berupaya demi kesejahteraan petani dengan meluncurkan aplikasi Kartu Petani Berjaya berbasis elektronik (e-KPB) yang merupakan solusi baru dalam administrasi dan pengelolaan data petani.

Dengan aplikasi itu, petani dapat mendaftar, mengakses informasi program pemerintah, melakukan pemesanan input pertanian dan terhubung dengan layanan perbankan secara efissen.

Semua bertujuan memberikan kemudahan akses dan meningkatkan kesejahteraan petani, katanya.

“Dengan aplikasi e-KPB, para petani diberi berbagai kemudahan dalam pelayanan seperti e-Pemodalan, e-Bantuan, e-Saprotan, e-Beasiswa, e-Asuransi, e-Puber’s, Halo Medik Vet, e-Gudang Ternak, e-Alsintan, dan e-Sertifikat Benih dan masih banyak yang lainnya,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, program e-KPB telah mendapat berbagai apresiasi dari pemerintah pusat, penghargaan Provinsi Terbaik dalam Inovasi Pengembangan Akses Keuangan di Sektor Pertanian pada TPAKD Award 2021, juga mendapat piagam penghargaan Pembangunan Daerah 2021.

Sejak diluncurkan, 6 Oktober 2020 lalu, dalam perjalanannya terus dilakukan pengembangan sesuai kebutuhan di lapangan serta dengan pemanfaatan teknologi berbasis elektronik. Hal itu dilakukan untuk memberikan kemudahan dan kesejahteraan bagi para petani, katanya. (pon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini