Polres Pringsewu Gelar Operasi Zebra di Jalinbar

0
390

PRINGSEWU, WARTAALAM.COM – Polres Pringsewu, Polda Lampung terus melakukan sosialisasi dan edukasi tertib berlalu lintas kepada pengguna jalan. Kali ini menggelar Operasi Zebra di Jalan Lintas Barat (Jalinbar) di kabupaten itu.

“Kegiatan merupakan bagian Operasi Zebra Krakatau 2023 yang bertujuan meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta mengurangi pelanggaran dan kecelakaan,” ujar Kasat Lantas Polres Pringsewu AKP Khoirul Bahri saat ditemui awak media usai menggelar Operasi Zebra di ruas Jalan Lintas Barat Sumatera, Kelurahan Pajaresuk, Pringsewu, Minggu (10/9/2023) siang.

Ia mengatakan, dalam kegiatan itu, pihaknya menitikberatkan pada upaya edukasi seperti membagikan brosur dan memasang stiker yang berisi pesan moral mengenai tertib berlalu lintas.

Selain upaya preemtif dan preventif, kata dia, pihaknya juga terus melakukan penindakan terhadap tujuh sasaran prioritas pelanggaran, seperti tidak memakai helm, berkendara di bawah umur, melawan arus dan tidak memakai sabuk keselamatan.

Ia mengatakan, sepekan menggelar operasi pihaknya telah menindak 896 pelanggar lalu lintas. Dari jumlah tersebut 113 ditindak dengan tilang manual sementara sisanya 783 ditindak dengan teguran tertulis.

“Mayoritas pelanggaran yang kami tindak masih didominasi pengendara sepeda motor dengan jenis pelanggaran terbanyak tidak memakai helm,” katanya.

AKP Khoirul berharap melalui Operasi Zebra kesadaran pengguna jalan akan pentingnya disiplin berlalu lintas dapat tumbuh.

Selain itu, peningkatan disiplin masyarakat akan berdampak positif pada penurunan pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, terutama di Kabupaten Pringsewu. (pon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini