21 Peserta Mengikuti Pemilihan Duta Baca Kabupaten Pringsewu 2023

0
408

PRINGSEWU, WARTAALAM.COM – Sekira 21 peserta mengikuti Pemilihan Duta Baca Kabupaten Pringsewu 2023 yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten setempat. Mereka terdiri pemuda dan pemudi serta pelajar perwakilan sejumlah sekolah.

Pemilihan Duta Baca yang dibuka Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah diwakilkan Asisten Administrasi Umum Setdakab Pringsewu Hasan Basri di Hotel Regency Gadingrejo, Pringsewu, Selasa (5/9/2023) juga dihadiri Bunda Literasi Rusdiana Adi Erlansyah yang juga menjadi juri, sejumlah kepala perangkat daerah terkait dan para camat beserta bunda literasi kecamatan.

Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah dalam sambutan tertulis yang disampaikan Asisten Administrasi Umum Hasan Basri berharap melalui momentum Pemilihan Duta Baca Kabupaten Pringsewu 2023, para Duta Baca nantinya akan terus-menerus mengajak pemuda-pemudi di kabupaten itu untuk membiasakan dan membudayakan membaca serta mengurangi penggunaan gadget secara berlebihan.

“Pembudayaan kegemaran membaca lebih mudah ditanamkan pada anak sedini mungkin dan berlanjut secara terus-menerus. Untuk mewujudkan anak yang mempunyai kegemaran membaca, dapat ditumbuhkan dengan mengoptimalkan seluruh potensi sumber daya perpustakaan yang ada di perpustakaan sekolah maupun perpustakaan umum lainnya,” katanya.

Berdasarkan Pasal 8 UU No.43/2007 tentang Perpustakaan mengamanatkan, pemerintah daerah wajib menjamin penyelenggaraan dan pengembangan perpustakaan di daerah, menjamin ketersediaan layanan perpustakaan secara merata di wilayah masing-masing, serta menjamin kelangsungan penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan sebagai pusat sumber belajar masyarakat.

Sementara itu, Bunda Literasi Kabupaten Pringsewu Rusdiana Adi Erlansyah mengatakan, kerja Duta Baca sangat berat karena harus memastikan masyarakat menerima informasi terbaru serta terus mengkampanyekan dan mengedukasi masyarakat agar terlibat dalam bidang literasi.

Sedangkan Pelaksana Harian Kadis Perpustakaan dan Kearsipan setempat Hasan Fauzi mengatakan, Pemilihan Duta Baca Kabupaten Pringsewu 2023 digelar dua hari, diikuti 21 peserta dengan juri dari penggiat literasi, akademisi serta Bunda Literasi.

“Pemilihan Duta Baca merupakan kali pertama diadakan di Kabupaten Pringsewu. Selanjutnya akan digelar dua tahun sekali, guna semakin menumbuhkan minat baca,” katanya.

Untuk pemilihan Duta Baca 2023, bagi juara pertama diberikan hadiah Rp 1 juta, juara kedua Rp 900 ribu serta juara ketiga Rp 800 ribu.  (pon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini