Irigasi di Bandar Agung bakal Dinormalisasi

0
769

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM – Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto didampingi Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Balai Besar Pengairan dan Irigasi Wilayah Mesuji – Lampung meninjau irigasi di Desa Bandar Agung Kecamatan Sragi yang bakal dinormalisasi, Sabtu (15/7/2023).

Hal tersebut dilakukan sebagai tindaklanjut audiesi Bupati Nanang Ermanto dengan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Mesuji Sekampung Direktorat Jendral Sumber Daya Air Kementrian PUPR Roy Pardede beserta jajaran tempo hari di ruang kerja bupati.

“Hari ini kami pemerintah daerah meninjau aliran saluran irigasi yang akan dinormalisasi. Kami akan buatkan himbauan berupa bunner larangan tidak mendirikan bangunan liar di areal saluran irigasi ini,” ujarnya.



“BBWS akan menormaliasasi saluran irigasi sekira 25 kilometer. Saya kira ini cukup disayangkan karena terjadi pembiaran, sehingga ada warga yang mendirikan bangunan permanen di saluran irigasi ini. Ke depannya akan kami tertibkan, dan saya himbau juga warga tidak mendirikan bangunan di aliran irigasi sesuai ketetapan undang-undang yang ada,” katanya.

Sementara, Kepala BBWS Mesuji Sekampung Roy Panagom Pardede mengatakan, akan melakukan sosialisasi dan pendekatan kepada warga setempat yang telah terlanjur mendirikan bangunan liar di irigasi tersebut.

“Nanti kami akan bersurat secara resmi kepada pemerintah daerah, terkait bangunan liar yang ada di saluran irigasi tersebut. Kami juga akan melakukan pendekatan kepada warga,” ujarnya.

“Kami akan lakukan sosialisasi kepada warga, akibat dan dampak sosial terkait normalisasi saluran irigasi tersebut, petani harap memaklumi karena saluran aliran air irigasi akan segara dinormalikasi dan dilakukan pembenahan dengan memperdalam dan memperlebar juga menyesuaikan dengan kebutuhan lebar salurannya,” kata dia. (amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini