PMR Asal Jawa Barat Terpilih sebagai Ketua Forpis

0
557

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM – Fazza Mahendra, anggota Palang Merah Remaja (PMR) utusan Provinsi Jawa Barat, terpilih menjadi Koordinator Forum Remaja Palang Merah Indonesia (Forpis) Nasional tahun 2023-2024, setelah menjalani serangkaian pemilihan pada Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) PMR Nasional IX Tahun 2023, di Lampung Selatan, Lampung.

Kepala Markas PMI Pusat, Abdul Aziz di Lampung Selatan, Sabtu (8/7/2023), mengatakan, pemilihan tersebut merupakan proses regenerasi yang akan memberikan pembelajaran penting kepada anggota PMR dalam berorganisasi.

“Saya senang mengikuti proses pemilihan tersebut karena seluruhnya dilakukan secara mandiri oleh anggota Forpis juga dilaksanakan secara demokratis,” katanya.

Sebelumnya, Fazza dinyatakan lulus uji kelayakan bersama enam peserta lainnya yang merupakan perwakilan dari Daerah Istimewa Yogyakarta, Sulawesi Selatan, Bali, Jawa Tengah, Sulawesi Utara dan DKI Jakarta.

Dari enam peserta yang dinyatakan lulus uji tersebut, dilakukan pemilihan melalui utusan dari 34 provinsi se Indonesia.

“Fazza mendapatkan suara terbanyak pada pemilihan tersebut dan secara ditetapkan sebagai ketua Forpis Nasional tahun 2023-2024,” kata dia.

Dengan disematkannya kepercayaan menjadi koordinator Forpis Nasional, ketua harus berkomitmen akan menjadi koordinator Forpis Nasional yang dapat menjaga kepercayaan dan kebanggaan PMR.

Ia berharap, Forpis tidak hanya sebagai wadah berorganisasi saja, melainkan juga dapat membangun dan memperkuat persaudaraan di kalangan anggota PMR.

Sebagai koordinator Forpis Nasional, harus bertanggungjawab mengkoordinasikan seluruh koordinator Forpis Provinsi, menyalurkan aspirasi Forpis Nasional ke PMI Pusat serta menyalurkan informasi dan keputusan dari PMI Pusat ke seluruh koordinator Forpis Provinsi.

Koordinator Forpis Nasional juga bertugas mengontrol jalannya program kerja dan melaporkan kepada PMI Pusat, serta sebagai delegasi untuk menyalurkan aspirasi PMR di ajang Internasional dalam proses pengambilan keputusan.

Forpis merupakan perkumpulan perwakilan PMR dalam menyalurkan dan mengkoordinir aspirasi untuk mengembangkan peran aktif PMR dalam proses pengambilan keputusan dan kepemimpinan PMI. Keberadaan Forpis diharapkan dapat melahirkan program kerja pembinaan dan pengembangan PMR, serta adanya akses bagi anggota PMR untuk terlibat aktif dalam pengambilan keputusan dan kepemimpinan.

Untuk diketahui, syarat khusus menjadi koordinator Forpis Nasional, di antaranya memiliki jiwa kepemimpinan, berjiwa kepalangmerahan, bertanggungjawab, berpengalaman dalam berorganisasi serta berwawasan luas. Selain itu juga harus mengetahui seluk beluk Kepalangmerahan dan pandai bergaul. (ril)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini