Puluhan Satpam di Pringsewu Ikuti Sosialisasi Penggunaan Perangkat Radio Komunikasi

0
497

PRINGSEWU, WARTAALAM.COM – Puluhan personel Satuan Pengamanan (Satpam) mengikuti Sosialisasi Penggunaan Perangkat Radio Komunikasi.

Kegiatan yang diinisiasi Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal Pringsewu, di Aula Kampus IBN Lampung, Jalan Wisma Rini, Pringkumpul, Pringsewu Selatan, Jumat (12/5/2023).

Kegiatan dihadiri Kasat Binmas Polres Pringsewu Iptu Mardiyono, Kasat Binmas Polres Tanggamus Iptu Iman Sobri dan Bripka Edi Saputra mewakili Kasat Binmas Polres Pesawaran, serta jajaran pengurus ORARI Lokal Pringsewu, di antaranya Zareffles (YG4SCI), Zulfikar (YG4SCW), Supriyantomo (YD4XPL), Andreas Andoyo (YD4SNX), Al-Hadi Nurkhalis Akhyar (YC4XNA), Isnanto Hapsara (YB4VOA) dan Rahmat Saputra (YD4XYR).

Kasat Binmas Polres Pringsewu Iptu Mardiyono pada kesempatan tersebut menyampaikan manfaat serta pentingnya penggunaan perangkat radio komunikasi dalam menunjang tugas-tugas Satuan Pengamanan. Namun demikian, dalam penggunaannya tentu ada aturan-aturan yang wajib ditaati oleh para penggunanya.

“Kami mengapresiasi dan mendukung diadakannya sosialisasi terkait penggunaan perangkat radio komunikasi ini,” ujarnya

Senada juga disampaikan Kasat Binmas Polres Tanggamus Iptu Iman Sobri, alat komunikasi radio bermanfaat. Akan tetapi untuk penggunaannya tidak sembarangan karena semua sudah diatur pemerintah.

“Selain untuk mendukung pelaksanaan tugas sebagai Satuan Pengamanan, juga mendukung pertahanan negara. Sebagai organisasi yang menaungi para amatir radio, ORARI merupakan cadangan nasional,” katanya.

Sementara itu, Ketua ORARI Lokal Pringsewu Fauzi (YC4SJB) mengatakan penggunaan radio komunikasi sudah diatur melalui regulasi yang ada, dimana penggunanya harus memiliki izin dari pemerintah.

“Jika pengguna radio komunikasi tidak memiliki izin, berarti ilegal atau melanggar hukum, dan bisa dipidana. Oleh karena itu, kami mengajak para pengguna radio komunikasi baik itu rig maupun HT untuk mengikuti Ujian Negara Amatir Radio atau UNAR karena merupakan syarat untuk memperoleh Izin Amatir Radio dan tanda panggilan atau callsign, sekaligus bergabung menjadi anggota ORARI,” katanya.

Guna mengakomodasi kebutuhan masyarakat yang jauh dari jangkauan Kantor Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Lampung, kata Fauzi, Balmon Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Lampung dan ORARI akan mengadakan UNAR Non Reguler pada 27 Mei 2023 di Kabupaten Pringsewu.

“Masyarakat yang berminat bergabung menjadi anggota ORARI maupun mereka yang ingin naik tingkat, agar memanfaatkan kesempatan baik ini, dengan mengikuti UNAR Non Reguler yang akan diselenggarakan di Pringsewu, tepatnya di Aula Kampus STIT, Pekon Wonodadi, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu,” katanya. (ade)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini