Sembilan Desa di Lamsel Terendam Banjir

0
475
ilustrasi banjir di Bandarlampung (ant)

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM – Akibat bencana banjir dan longsor yang terjadi di Lampung Selatan, menyebabkan puluhan rumah warga di sembilan desa di lima kecamatan yang ada di Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), rusak.

“Hujan deras dan angin kencang yang melanda Lampung Selatan sejak Rabu (8/3/2023) sore hingga Kamis (9/3) sekira pukul 09.00 WIB,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kabupaten Lampung Selatan, Heri Bastian di Kalianda, Jumat (10/3/2023).

Dia mengatakan, saat ini, kondisi air yang merendam beberapa rumah dan jalan di Kecamatan Katibung, sudah mulai berangsur-angsur menyusut.

Selanjutnya dia mengatakan, peristiwa bencana alam tersebut berdampak pada pemukiman masyarakat sekitar.

“Kerusakan yang timbul akibat dampak bencana banjir dan tanah longsor di 9 desa dari 5 kecamatan berjumlah 1 rumah rusak berat tertimpa longsor, 9 rumah terancam longsor, 252 rumah tergenang ¬†banjir, 1 jembatan ambrol atau putus (jenis permanen), 1 jembatan Hanyut (jembatan kayu),” ujarnya.

Menurutnya, sampai saat ini untuk korban jiwa dan yang terdampak banjir dan tanah longsor tersebut tidak ada.

Upaya penanganan yang telah dilakukan dengan turun ke lokasi untuk mengevakuasi dan mendata kerusakan serta berkoordinasi dengan aparat pemerintahan kecamatan dan apartur desa dalam penanganan dan pendataan dampak bencana.

Dia mengimbau masyarakat lebih waspada terhadap bencana susulan.

“Potensi bencana susulan sesuai dengan himbauan BMKG bahwa cuaca ekstrem tidak menentu ini dapat berlangsung sampai dengan April 2023,” kata dia. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini