Lampung Kembangkan Agrowisata

0
558
Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung Bobby Irawan saat memberi keterangan. (ant)

BANDAR LAMPUNG, WARTAALAM.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung sedang mengembangkan agrowisata dukung pertumbuhan pariwisata berkelanjutan di daerah tersebut.

“Pariwisata berkelanjutan atau yang berbasis lingkungan seperti eco tourism memang menjadi salah satu yang diminati saat ini,” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung Bobby Irawan, di Bandarlampung, Jumat (10/3/2023).

Ia mengatakan, di daerah tersebut memiliki banyak destinasi wisata yang mendukung berkembangnya pariwisata berkelanjutan.

“Lampung memiliki banyak destinasi yang berkaitan dengan pembangunan pertanian, nanti akan kami kolaborasikan melalui pariwisata agro,” katanya.

Menurut dia, pengembangan pariwisata agro yang memanfaatkan destinasi wisata berbasis pertanian tersebut bertujuan meningkatkan ketertarikan wisatawan dalam mengenai wisata berbasis alam dan berkelanjutan.

“Ini nanti akan memadukan antara pemanfaatan lahan pertanian dengan pariwisata. Jadi masyarakat bisa mengerti bagaimana mengelola lahan pertanian. Dan di sisi lain ada nilai tambah juga bagi sektor pertanian serta desa,” ujarnya.

Menurut dia, melalui pengembangan agrowisata tersebut juga akan memberikan dampak jangka panjang dari segi menjaga kelestarian alam dan pengembangan sektor pertanian, melalui edukasi kepada wisatawan.

“Selain agrowisata yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan pariwisata berkelanjutan, ada juga pemanfaatan kawasan hutan yang telah masuk dalam perhutanan sosial. Ini bisa dimanfaatkan sebagai lokasi wisata hutan tapi dengan catatan tidak boleh merusak serta harus tetap melestarikan keaslian hutan yang ada,” katanya.

Pengembangan pariwisata berkelanjutan melalui agrowisata dan pemanfaatan wisata hutan tersebut, kata dia, diharapkan dapat menjadi salah satu sumbangsih dari sektor pariwisata untuk menjaga kelestarian lingkungan. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini